Peringati HSN, Kemenag Banjarnegara adakah Ziarah Makam Santri Pejuang

Banjarnegara –  Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengadakan ziarah makam santri pejuang yang ada di Kabupaten Banjarnegara Kamis,(21/10/21).

Zahid Khasani selaku ketua panitia HSN Kemenag Banjarnegara menyatakan bahwa sebagai instansi negara yang mengurusi agama, Kemenag wajib untuk mengawal pelaksanaan Hari Santri Nasional, terlebih Hari Santri ini sudah menjadi program nasional dan program Kemenag Pusat.

Perlu diketahui bahwa, latar belakang berdirinya Kementerian Agama juga tidak bisa dipisahkan dari seorang Santri, bahkan Menteri Agama yang pertama kali juga seorang santri yaitu KH Wahid Hasyim

“Untuk memperingati HSN dan memperingati tokoh-tokoh santri yang telah berjuang untuk agama dan juga negara, Kita panitia HSN Kemenag Banjarnegara melakukan ziarah makam santri pejuang,” ungkapnya

Panitia telah membagi dua tim untuk melakukan ziarah makan santri ini.

“Untuk tim 1 yang dikomandoi Kepala Kemenag Agama akan melakukan ziarah makam pejuang santri di Komplek Makam Al-Azhari yang berada di Sokanandi, di teruskan ke Komplek Makam Al-fatah Parakacanggah. Dan diakhiri di Makam Rahmad Sukantio, mantan Kepala Kemenag dan juga mantan Ketua Muhammadiyah Banjarnegara,” jelasnya

“Sementara itu, untuk tim 2 yang dikomandoi saya sendiri akan menuju tiga makam yaitu Tamam Makam Pahlawan Kabupaten Banjarnegara, Ulama Sunan Antasangin Pagedongan dan Tempat Pemakamam Umum Sunan Gripit Banjarmangu,” terangnnya.

Zahid menambahkan bahwa selain ziarah makam pejuangan santri, Tim Ziarah kemenag ini juga melakukan silaturahmi kepada keluarga santri pejuang.

“Dengan melakukan silaturami dengan tokoh pejuang diharapkan akan membangun sinergi dan juga meningkatkan ghirah dengan meneladani santri pejuangan dalam berjuang untuk menegakkan agama dan negara,” pungkasnya. (ak/rf)