Refreshing, Siswa MAN Outbound

Purworejo – Sebanyak 327 siswa kelas XII MAN Purworejo mengikuti kegiatan outbound di Tebing Breksi dan Puncak Songgo Langit Yogyakarta pada Sabtu (2/3). Kegiatan tersebut diadakan untuk memberikan suasana refreshing setelah selama dua bulan siswa bergelut dengan pengayaan materi Ujian Nasional dan Tes Uji Coba.

Tebing Breksi menyajikan suasana nyaman perbukitan. Sementara di Puncak Songgo Langit, Tim Pemandu telah menyiapkan berbagai permainan yang memiliki karakteristik dan tujuan berbeda-beda, di antaranya membentuk jiwa kepemimpinan (leadership), menambah kekompakan, meningkatkan produktivitas, serta penguatan karakter personal dan tim.

Faikar, siswa kelas XII MIPA 1 berpendapat, outbound ini bisa melepaskan diri dari ketegangan meskipun hanya sejenak. “Suasana alam di atas puncak adalah suasana baru yang membuat kami merasa fresh dan penuh tantangan.” Sementara Nafingatun kelas XII IIA 1 mengatakan, “Kita harus berhasil dalam menghadapi UNBK dengan cara membagi waktu antara bermain, belajar, dan beribadah. Jadi meskipun akan ujian, porsi untuk bermain seperti ini saya rasa perlu ada,“ ungkapnya.

Kepala MAN Purworejo, Khoirul Umam mengatakan outbound adalah salah satu bentuk edukasi yang bertujuan untuk mengasah kompetensi dan menumbuhkan daya juang agar siswa bisa berprestasi dan peduli sesama, sehingga visi madrasah membentuk peserta didik yang unggul prestasi dan luhur pekerti akan tercapai. ”Ikutilah segala kegiatan dengan baik dan setelah itu fokus dan konsentrasilah kembali sehingga mampu mengatur diri (personal management) untuk sukses USBN, UAMBN dan UNBK tahun ini dengan maksimal,“ harapnya. (bsr-sgy/bd)