Sambut Hajatan Akbar Tahunan, Kemenag Cilacap Matangkan Persiapkan HAB

Cilacap – Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama merupakan hajatan akbar rutin tahunan. HAB digelar tanggal 3 Januari setiap tahunnya sebagai peringatan lahirnya Kementerian Agama ditandai dengan kegiatan puncak, yakni upacara bendera.

Sudah menjadi agenda rutin, selama sebulan menjelang hari H, untuk menambah esensi dan kesemarakan HAB, Kemenag Cilacap dan Jajarannya melaksanakan berbagai even kegiatan. Adapun kegiatan yang dihelat bertujuan untuk meningkatan prestasi dan kualitas kinerja aparaturnya.

Sebagai langkah persiapan awal, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Kamis (15/11) menggelar Rapat Koordinasi dengan Jajarannya di Gedung FKUB. Tujuannya adalah pembentukan panitia sekaligus merumuskan program dan mematangkan teknis pelaksanaannya.

Kakankemenag Kabupaten Cilacap melalui Kasubbag TU, saat memimpin rapat menegaskan bahwa, peringatan HAB harus mampu membawa perubahan positif bagi seluruh aparatur. Aparatur Kemenag harus selalu menyadari bahwa institusi yang menaunginya memiliki lebel agama. Sehingga seluruh kegiatan harus mampu mendorong peningkatan iman dan takwa. Siapa yang imannya menguat maka dia akan menjadi pribadi yang mulia akhlaknya.

“Tugas Kemenag harus dijalankan dengan sebenar-benarnya agar kita bisa selamat dunia akhirat bukan sebaliknya, menjadi hina dunia akhirat karena salah menjalankannya. Untuk itu, dalam mengisi sekaligus menyemarakkan HAB, kegiatan yang digelar harus bertemakan peningkatan kualitas. Sehingga biaya, tenaga dan pikiran yang kita keluarkan bisa bermanfaat untuk kepentingan umat,”Tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, peringatan HAB merupakan salah satu sarana menuju kebahagiaan. Sedangkan kunci kebahagiaan adalah senang berbuat baik. Orang yang berbuat baik berarti akan menguntungkan orang lain, bukan menguntungkan diri sendiri. Dengan diniati berbuat baik, maka HAB diharapkan akan menghasilkan manusia yang mulia, yakni siap memberikan yang terbaik untuk negeri.

Di akhir sambutannya, dia mengajak kepada seluruh anggota panitia agar mewujudkan rasa syukur dengan bekerja untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Hal tersebut sebagaimana disimbolkan oleh kegiatan tasyakuran sebagai penutup kegiatan HAB usai upacara bendera. (On/bd)