Sejuknya Peringatan Hari Lahir Pancasila di Purbalingga

Purbalingga – Sesuai instruksi pusat melalui edaran Kanwil tanggal 30 Mei 2018 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila, seluruh jajaran ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera di halaman Kankemenag setempat, Jumat (01/05). Bertindak selaku Komandan Upacara Staf/JFU Penyelenggara Syariah, Nurtofik. Upacara yang berlangsung sejak pukul 06.30 WIB tersebut berlangsung khidmat .

Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono dalam sambutannya mengajak peserta upacara untuk memahami peran Pancasila sebagai  falsafah hidup bangsa Indonesia yang telah teruji dari masa ke masa.

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Melalui momentum Hari Lahir Pancasila yang diperingati secara serentak di seluruh Tanah Air tersebut, harapnya, kita secara bersama bisa meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Sekaligus senafas dengan nilai-nilai Bulan Suci Ramadan, kita memperkuat etos peduli dan berbagi.

Koordinator Umum sekaligus peserta upacara , Ghofir menjelaskan alasan pelaksanaan upacara dilaksanakan lebih awal dari instansi-instansi lainnya.

“ Kepala Kantor kami selaku Pembina Upacara harus menghadiri undangan kegiatan yang sama di Pendopo Dipokusumo untuk kegiatan tingkat kabupaten. Sehingga dalam undangan seluruh ASN diharuskan hadir sekitar pukul enam pagi, karena upacara akan dimulai pada pukul 06.15. Sedangkan untuk petugas lebih awal untuk gladi bersih,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, para peserta mayoritas bisa hadir lebih awal, meskipun hari libur dan cuaca masih cukup dingin,” tambahnya.

Suasana pagi yang sejukpun semakin terasa khusyuk saat pembacaan doa oleh Staf/JFU Bimas Islam, Sutrisno. (sar/ )