Sempurnakan Website dan Layanan Online PTSP Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Semarang (Humas) – Dalam rangka persiapan penilaian Zona Integritas oleh Menpan RB maka Kanwil Kemenag Prov. Jateng melaksanakan Rapat Koordinasi Penyempurnaan Website dan Pelayanan Online PTSP pada Rabu (28/07) di Ruang Rapat PTSP. Tak lain dan tak bukan, penyempurnaan website dan pelayanan online dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Rapat dipimpin langsung oleh Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho. Tampak hadir juga Kasubbag Ortala dan KUB, Kasubbag Umum dan Humas, serta Subkoordinator Perencanaan, Data dan Informasi.

“Setelah ini semoga kita bisa melihat progres yang lebih cepat lagi dalam rangka mewujudkan tampilan-tampilan web kita yang lebih ideal, karena website selama 24 jam akan selalu dilihat oleh orang. Jadi website dapat dijadikan objek oleh orang-orang untuk menilai Kanwil Kemenag Prov. Jateng dengan berbagai pertimbangan,” tutur Fajar Adhy.

“Akhirnya kita memutuskan untuk menampilkan 6 panel layanan di website kita yang dapat dilayani dengan online,” imbuhnya.

6 layanan tersebut adalah Pengukuran Arah Kiblat oleh Bidang Urusan Agama Islam, Rekomentasi Kitas, Rekomendasi IMTA/RPTKA/DPKK, Permohonan Rohaniwan, Legalisasi Dokumen dan Permohonan Audiensi, Konsultasi, Penelitian dan PKL.

Fajar Adhy menegaskan bahwasannya website Kanwil Kemenag Prov. Jateng seharusnya informatif, kreatif, inovatif serta solutif.

“Terkait dengan fasilitas pendeteksi berita hoaks juga harus kita kembangkan, yang nantinya akan terintegrasi dengan Kominfo sehingga dengan website milik kita, kita dapat memberi jalan dan menentukan arahnya kemana orang mengkonfirmasi berita-berita hoaks,” ucap Fajar Adhy.

“Kita juga akan menampilkan survey terkait layanan-layanan kita, instrumen atau kuesionernya akan berlandaskan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat,” imbuhnya.

Dengan hasil survey tersebut akan menjadi bahan evaluasi indikator kualitas pelayanan di Kanwil Kemenag Prov. Jateng dari berbagai sisi, baik itu front office, back office, kualitas pelayanan maupun kecepatan waktu pelayanan. (pqq)