Sosialisasi Aplikasi EMIS Raport Kankemenag Kabupaten Temanggung

Temanggung Sehubungan dengan rilisnya Aplikasi Pendataan Nilai Raport Tahun 2017 pada Education Management Information System (EMIS), Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Sosialisasi Operator EMIS dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, dengan peserta 145 orang, Jum’at  (9/6) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Temanggung,  Yusuf Purwanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa operator madrasah adalah bagian terpenting dalam sistem pendataan pendidikan yang saat ini terintegrasi dalam Aplikasi Data EMIS. Karenanya, sosialisasi ini dilakukan dengan harapan operator dapat dengan mudah menginput data raport siswa pada aplikasi tersebut.

Yusuf Purwanto menyampaikan bahwa Aplikasi Pendataan Nilai Raport atau EMIS Raport merupakan aplikasi terbaru yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui pelayanan pendataan EMIS. Aplikasi ini dipergunakan untuk memasukkan (entry) nilai raport siswa madrasah mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA),jelasnya.

Muhammad Abdul Rozaq, Operator EMIS  Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang didapuk sebagai narasumber pada sosialisasi ini menuturkan bahwa aplikasi Pendataan Nilai Raport atau EMIS Raport merupakan aplikasi terbaru yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui pelayanan pendataan EMIS. Aplikasi ini dipergunakan untuk memasukkan (entry) nilai raport siswa madrasah mulai jenjang MI, MTs dan MA.

Data yang diinput pada aplikasi tersebut harus betul-betul akurat. Data yang nantinya terkirim tidak akan direvisi lagi karena langsung dikunci oleh pusat, sehingga data harus valid 100%, tegas Muhammad Abdul Rozaq.

Ia menjelaskan, siswa yang dientri nilai raportnya pada aplikasi tersebut adalah siswa tingkat terakhir yakni siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah, kelas 9 Madrasah Tsanawiyah, dan kelas 12 Madrasah Aliyah.

Seperti pada aplikasi EMIS sebelumnya, Aplikasi Pendataan Nilai Raport inipun menggunakan Aplikasi Desktop Offline untuk melakukan validasi dan backup data. Hasil backup ini kemudian baru diupload ke situs online Verval UN Kementerian Agama.

Aplikasi ini pun dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic yang basis datanya menggunakan Microsoft Office Access. Sehingga memerlukan bantuan file excel untuk melakukan input data secara manual, sebelum data tersebut diunggah dan divalidasi dengan Aplikasi Pendataan Nilai Raport.

Aplikasi Pendataan Nilai Raport telah diunggah ke situs Verval UN Kementerian Agama. Sehingga setiap operator dapat mengunduhnya langsung pada situs Verval UN Kementerian Agama dengan login menggunakan akun lembaga masing-masing.

Langkah-langkah untuk mendownload aplikasi ini adalah sebagai berikut : 1. Masuk ke situs Verval UN Kementerian Agama, 2. Login dengan email dan password akun lembaga masing-masing, 3.Klik menu Download yang terletak di sebelah kiri, 4. Muncul daftar submenu, klik submenu Aplikasi Raport, 5. Untuk mengunduh petunjuk pengisian rapor EMIS, lakukan hal yang sama seperti langkah diatas. Setelah berhasil mengunduh, silakan ekstrak file tersebut.(sr/af)