UPZ Kemenag Kebumen Salurkan Bantuan Untuk Pedagang Kecil

Kebumen – Sebanyak 12 pedagang kecil menerima bantuan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Jumat (9/6) di aula Mabin. Bantuan sebesar 500ribu diberikan  secara simbolis oleh Kepala Kantor Imam Tobroni.

Kepala Kantor mengatakan nilai bantuan sebesar itu mungkin tidak terlalu besar, namun besar manfaatnya bagi yang menerimanya. “Bukan tergantung dari berapa nilai bantuannya, tapi manfaat yang dirasakan oleh penerimanya, ucapnya.

Tobroni juga berterima kasih kepada para penyuluh agama yang jeli melihat keadaan para pedagang, sehingga mereka harus diberi bantuan sebagai modal usaha. “Harapannya ini akan menjadi pilot proyeknya para penyuluh,” katanya.

“Karena harta maka orang bisa berbuat kebaikan,” lanjut Tobroni, walaupun penyuluh tidak membela dengan hartanya sendiri namun bisa membela dengan hartanya orang lain, katanya yang langsung disambut tawa para hadirin. Termasuk ketika bisa membawa mereka (pedagang-red) untuk menerima bantuan modal usaha dari UPZ Kankemenag Kabupaten Kebumen, lanjut dia.

Pedagang atau pengusaha kecil penerima bantuan modal usaha terdiri dari penjual sayur keliling, penjual jajanan anak-anak, penjual kue serabi dan juga ada yang mempunyai usaha warung makan kecil.

Kepala kantor berharap agar bantuan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai modal usaha. “Silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya. Menurutnya jangan sampai modal ini salah sasaran karena menjelang lebaran biasanya dimanfaatkan untuk keperluan yang lain. Syukur-syukur setelah usahanya berkembang nanti bisa menabung sedikit demi sedikit, pungkasnya.(pt/af)