Spirit Ramadhan, OSIS & ESC MAN 1 Kebumen Berbagi

Kebumen – Pandemi Covid-19 saat ini yang melanda dunia bukanlah suatu hal yang dapat menghalangi kita untuk berbagi di bulan suci Ramadhan 1442 H. Bulan yang penuh berkah ini terasa lebih indah jika diisi dengan kegiatan sosial membantu sesama. Seperti yang dilakukan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan English Study Club (ESC) MAN 1 Kebumen, tepatnya pada hari Kamis, 06 Mei 2021 melaksanakan kegiatan bakti sosial berbagi takjil bagi masyarakat Kabupaten Kebumen.

Fenomena Positif

Kegiatan yang bertajuk “OSIS & ESC MAN 1 Kebumen Berbagi” ini dilaksanakan di tiga titik lokasi lampu merah kota Kebumen, tepatnya di Simpang Lima, Perempatan Soka Baru dan perempatan Polres Kebumen. Tujuh peserta didik perwakilan OSIS dan ESC yang melaksanakan tugas membagikan takjil ini menjadi fenomena positif bagi generasi muda, di era pandemi Covid-19 seperti saat ini mereka tetap antusias mengaktualisasikan diri melakukan kegiatan bakti sosial berbagi takjil dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sekitar 200 bungkus takjil telah didistribusikan kepada masyarakat Kabupaten Kebumen yang saat itu masih dalam perjalanan di waktu menjelang berbuka puasa.

Momentum Penanaman Karakter

Kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh OSIS dan ESC ini merupakan suatu wujud kolaborasi program dua organisasi yang ada di MAN 1 kebumen dalam mengisi bulan suci Ramadhan 1442 H. Spirit Ramadhan menjadi modal utama dua organisasi tersebut dengan penuh semangat bersilaturahmi menyapa masyarakat menyampaikan pesan Ramadhan dengan berbagi. Senyum kebahagian peserta didik saat berbagi takjil akan menjadi pengalaman tersendiri, sehingga dalam diri mereka tercipta momentum penanaman karakter menjadi pribadi yang unggul dan berbudi pekerti luhur.

Elly Samodrati Selaku Pembina ESC MAN 1 Kebumen, saat dikonfirmasi di lokasi menyampaikan, kegiatan bakti sosial ini bertujuan mengasah kepekaan peserta didik untuk memiliki rasa peduli dan berjiwa sosial. Dengan terjun ke masyarakat dan praktek kegiatan sosial dilapangan, peserta didik akan mendapatkan pelajaran secara langsung tentang arti pentingnya berbagi. “Hikmah dari bakti sosial ini akan membawa dampak positif bagi peserta didik menjadi generasi muda sebagai penerus bangsa yang berkarakter dan berjiwa social,” ujarnya. 

Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat menginspirasi dan mamancing generasi milenial khususnya di Kabupaten Kebumen, untuk melakukan gerakan amaliah Ramadhan dengan berbagi kepada sesama. Gerakan bakti sosial ini diharapkan dapat memperingan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang memberi makan buka puasa, ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahalanya masing-masing.” (tt/fz).