Spiritual Building Untuk Meningkatkan Mental dan Motivasi Diri Siswa

BATANG – Untuk meningkatkan mental dan motivasi belajar siswa terutama  siswa kelas VI agar memiliki kesiapan yang optimal dalam menghadapi Ujian Madrasah maupun Ujian Sekolah (UM/US). Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar Kab. Batang baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan Spiritual Building tepatnya pada hari Sabtu, (25/03). Dengan mendatangkan narasumber dari the winner institute Purwokerto Subur Putra. Acara diikuti siswa kelas VI sebanyak 64 siswa.

Dalam sambutannya Plt. Kepala MIN Bandar Sri Hanik mengatakan “dengan diselengarakannya kegiatan Spiritual Building ini  ada input positif terutama kesiapan mental bagi peserta didik dalam menghadapi Ujian.” Pelaksanaan Ujian MIN tinggal menghitung hari yaitu pada bulan April 2017. Kegiatan itu sendiri berjalan lancar dan sukses, selama acara, hampir semua siswa menangis.

“Kegiatan ini diharapkan ada perubahan sikap mental dan semangat guna keberhasilan ujian nasional,” jelas Sri Hanik.

Bahwa kelangsungan dan keberhasilan proses belajar mengajar bukan hanya dipengaruhi oleh faktor intelektual saja, melainkan juga oleh faktor non intelektual lain, yang tidak kalah penting dalam menentukan hasil belajar seseorang. Salah satunya adalah kemampuan seseorang siswa untuk memotivasi dirinya. Adanya motivasi akan mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar.

Diakhir acara, Subur selaku nara sumber pun berbaur dengan anak-anak dengan cairnya.”Kesuksesan itu tidak datang dengan tiba-tiba, tetapi butuh konsistensi, usaha terus-menerus, berkesinambungan. Kedisiplinan menjadi modal penting untuk mewujudkan kesuksesan,” kata Subur  (mr-adm/rf).