Targetkan UN Maksimal, MTs N 4 Rembang Sosialisasikan Pelaksanaan UN

Rembang —Sebagai upaya mempersiapkan siswa-siswi kelas IX jelang pelaksanaan Ujian Madrasah dan Ujian Nasional,  MTs N 4 Rembang mengadakan sosialisasi tata cara pelaksanaan Ujian. Sosialisasi yang dilaksanakan hari Sabtu (16/03) ini ditujukan bagi wali murid kelas IX.  

Acara ini berlangsung di Mushola Al–Ikhlas dan halaman mushola  MTs N 4 Rembang mulai pukul  08.00 WIB-selesai dengan dihadiri oleh ratusan siswa, wali murid kelas IX, Komite MTs N 4 Rembang dan guru beserta tenaga pendidikan MTs N 4 Rembang.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, pihaknya memberikan arahan kepada orang tua siswa agar mereka memberikan dukungan penuh kepada putra-putrinya untuk menghadapi ujian akhir.

“Ujian akhir ini merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan siswa dalam belajar. Walaupun bukan ukura sepenuhnya, tapi kami mohon Bapak/Ibu mendorong putra-putrinya untuk berikhtiar maksimal menghadapi Ujian akhir,” ujar Masrum.

Masrum juga mengimbau wali murid untuk selalu memantau dan memperhatikan putra-putrinya saat di rumah. “Dalam waktu dekat ini siswa-siswi kelas IX akan disibukkan dengan berbagai macam agenda ujian. Untuk itu kami mohon kerjasama yang baik antara pendidik dan wali murid. Partisipasi orang tua mutlak diperlukan dalam rangka memantau, mengawasi, mendampingi siswa dalam belajar agar siswa meraih nilai maksimal,” paparnya.

Sementara kepada para siswa, Masrum meminta untuk memohon restu orang tua. “Belajar adalah salah satu usaha agar sukses mengikutu Ujian. Namun bukan satu-satunya faktor kesuksesan Ujian. Ada yang lebih utama, yaitu doa dan restu orang tua,” pintanya.

Usai memberikan arahan kepada wali murid dan peserta didik, diadakan pembacaan istighosah. Kegiatan ini bertujuan untuk medoakan semua siswa agara diberikan kemudahan dan kelancaran mengikuti Ujian Akhir yang tinggal beberapa minggu ini. Istighosah diawali dengan sholat dhuha oleh siswa-siswi.

Istighosah ini dipimpin oleh Ustadz Ahmad Sholikhin dan belangsung secara khusyuk, beliau berujar istighosah merupakan cara efektif berdoa kepada Allah SWT agar seluruh siswa diberikan petunjuk, kemudahan dalam mengerjakan ujian. (dwi-iq/gt)