Tiga Siswa MIMAU Masuk 10 Besar Pada MCR Tingkat Nasional

Banjarnegara – Di bulan Ramadhan yang penuh perkah ini, bertepatan dengan bulan turunnya Al Qur’an. Dari MI Maarif Al Falah Joyokusumo atau biasa di kenal dengan MIMAU (MI Maarif Unggulan) ini mengikuti kegiatan Murottal Competition Ramadhan (MCR).

Kegiatan MCR ini diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Andalusia Banjarnegara. Peserta MCR ini dari SD/MI/TPQ dari berbagai kota di Indonesia selain Banjarnegara ada dari Wonosobo, Tangerang, Kendal dan sebagainya.

Kami mendaftarkan peserta melalui online sesuai petunjuk teknis dari panitia dengan mengirimkan video surah Al Baqarah ayat 183 sampai 186 ke nomor wa panitia. MIMAU mengirimkan 6 peserta yaitu 3 peserta putra (Fadil, Adib dan Rifqi), sementara yang putri juga sebanyak 6 peserta (Azka, Uli, Mevia).

Kesemua peserta yang kami kirimkan telah mendapatkan syahadah Qiraati atau sudah lulus mengaji melalui pembelajaran Al Qur’an metode Qiraati. Peserta yang didaftarkan melalui seleksi terlebih dahulu dari madrasah.

Wahyul Khomisah selaku kepala madrasah sekaligus pembina menyampaikan kepada peserta lomba agar membaca Al Quran selalu tartil sesuai kaidah tajwid yang diajarkan. Adapun kriteria penilaian lomba MCR terdiri dari makhraj, tajwid, kelancaran dan irama / lagu.

“Meski pandemi, kami tetap berupaya untuk selalu mengasah bakat & kemampuan siswa. Tujuan kami ikutkan lomba MCR agar anak – anak selalu rajin tadarus, mencintai Al-quran, dan diharapkan bisa menyemangati para penggiat Alquran untuk meningkatkan standar mutu bacaan, disamping juga syiar madrasah kami,” ungkap Wahyul pada Kamis, (6/5)

Tiba saatnya pengumuman 10 besar MCR melalui Instagram Andalusia, (1/5). “Alhamdulillaah sebanyak 3 siswa MIMAU termasuk didalamnya. Sebuah anugerah tersendiri dan kami sangat bersyukur atas prestasi peserta didik kami yang membawa nama baik madrasah dan orangtua. MIMAU menempati peringkat 2, 6 dan 7,” jelasnya.

Sebagai peringkat terbaik 2 atas nama Azka kelas VI memperoleh point 265 hanya selisih 1 point dengan peringkat 1. Sementara Adib siswa kelas IV menduduki peringkat 6 dengan nilai 258, dan Uli siswa kelas VI mendapatkan point 256 sebagai peringkat 7. Sebuah kebanggaan bagi kami dari ratusan yang mengikuti lomba MCR kami bisa menempati 10 besar tersebut.

Selanjutnya 10 peserta terbaik nanti akan diundang secara langsung / tatap muka di Andalusia dengan maqra wajib surah al Hasyr ayat 17 – 24. Harapan kami semua siswa kami bisa menampilkan yang terbaik. (wk/ak/rf)