Tingkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pengawas Pendidikan Ikuti Forum Ilmiah Secara Zom Metting Oleh APSI

Batang _ APSI ( Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia) tak henti-hentinya mengupgrede kemampuan menulis ilmiah para anggotanya, kali ini diakomodir lewat kegiatan forum ilmiah APSI yang di laksanakan secara zom metting yang diikuti oleh Pengawas Pendidikan Seluruh Indonesia pada hari Jumat (21/05). Pengawas Pendidikan Kabupaten Batang pun tidak ketinggalan mengikuti acara itu dengan seksama. Pemateri yang tapil dalam acara itu adalah pakar pakar penulis yang sudah produktif dan menghasilkan banyak karya-karya ilmiah yang sudah tersebar di banyak media, baik cetak maupun elektronik.

Ketua Pokjawas Kab Batang H.Nafian dalam keterangannya mengatakan bahwa Forum ilmiah APSI adalah fasilitas gratis yang di sediakan oleh APSI pusat untuk mempublikasikan karya ilmiah Pengawas, maka kesempatan emas ini harus dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan karya tulis ilmiah kita agar mampu menembus publikasi ilmiah di tingkat nasional.

“ Saya sangat mengapresiasi dengan acara forum ilmiah yang dilaksanakan oleh APSI meskipun secara daring, acara ini sangat penting bagi para pengawas karena bertujuan untuk mengawal dan menyediakan publikasi secara gratis karya-karya ilmiah dari para pengawas,” jelas H. Nafian.

Dia menambahkan mengingat pentingnya acara itu maka dirinya menghimbau kepada suluruh pengawas baik pengawas madrasah maupun pengawas PAI se Kabupaten Batang untuk dapat mengikutinya meskipun ditempat tugasnya masing-masing.

Ketua APSI pusat H. Agus Sukoco yang tampil sebagai pemateri dalam acara itu mengatakan, bahwa dirinya begitu terkejut dengan antusiasnya pengawas di seluruh Indonesia, pasalnya forum ini yang awalnya hanya sebagai wahana membantu pengawas yang menemukan persoalan saat membuat karya ilmiah sekarang telah berkembang sedemikan rupa.

“ Forum ilmiah APSI awal hanya untuk membantu para pengawas yang menemukan kendala dalam menuangkan pikiranya lewat tulisan ilmiah, namun selanjutnya menjadi forum yang mendampingi para Pengawas dalam segala hal, bahkan forum ini berkembang sebagai wahana untuk sharing tema dan target Karya imiah, bahkan di lengkapi dengan konsultasi dan pembahasan diskriptis analitis pada materi Karya Tulis Ilmiah yang akan di selesaikan oleh para pengawas,” kata H. Agus Sukoco

Sementara itu Ninik Kristiani salah seorang pengawas dari kota Malang, sebagai pembahas Karya Tulis Ilmiah (KTI) teman-teman pengawas, memberikan tip dan trik dalam menulis karya ilmiah, dia mengatakan tulisan ilmiah pengawas itu harus berorientasi pada tupoksi tugas kepengawasan, maka karya yang di buat oleh Pengawas harus memberikan solusi pada sekolah binaan dan guru guru binaan agar lebih maju dalam mengelola pembelajaran.

“ Pada contoh KTI yang berjudul (Model PTS untuk meningkatkan guru CAKAP), Maka Pendampingan Tutor sebaya (PTS) menjadi objek kajianya yang harus dianalisis apa dan bagaimana pendampingan tutor sebaya tersebut, selanjutnya pembahasan CAKAP yang merupakan akronim dari (Critis, Aktif, Kreatif Aplikatif Dan Proaktif), CAKAP itu bisa di kembangkan dalam penelitian tersendiri, dengan pokok bahasan yang lebih lagi dalam lagi dihubungkan dengan tugas pokok kepengawasan,” jelas Ninik Krisiani .

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa tulisan ilmiah para pengawas itu harus di upayakan pada pembentukan dan pemberdayaan merdeka belajar, merdeka harus tersinergi, tersingkronisasi dan solutif terhadap persoalan sekolah binaan dan guru binaan dalam mengelola pembelajaran.

Pemateri terakhir Titik Sugihartilawati Dewi seorang Pengawas dari Kalimantan Tengah memberikan testimoni. Pertama Forum ilmiyah APSI adalah forum silaturahmi pengawas seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke semua pengawas terkoneksi, sehingga dia di Kalimantan dapat kenal  ibu Minarsih di  Kabupaten Batang Jawa Tengah. Kedua Forum Ilmiah APSI adalah Forum yang sangat mulia , karena value yang di bangun adalah ikhlas berbagi, ikhlas memberi dan ikhlas beramal. Ketiga forum ilmiah APSI ini murah tapi tidak murahan karena panelis dari berbagai disiplin ilmu yang sudah tidak di ragukan lagi kepakarannya baik kalangan Akademisi, Praktisi, Guru, Pengawas Dan Widya Iswara semua pakar di tampilkan dalam forum ini guna mengupgrade potensi penulisan pengawas seluruh Indonesia. (Siswo / Zy)