Ungkapan Rasa Syukur Atas Kelulusannya, Siswa MA Darussalam Subah Gelar Kegiatan Berbagi Takjil

Batang – Dalam rangka syukuran kelulusan kls XII th pelajaran 2020/2021 siswa Madrasah Aliyah Darussalam Subah mengadakan kegiatan membagi takjil kepada para pengendara mobil dan motor di jalan raya Pantura depan Polsek kec. Subah pada Selasa, (4/05) yang lalu. Tidak kurang 250 paket makanan dan minuman untuk berbuka puasa dibagikan oleh para siswa.

Menjelang pengumuman kelulusan, Kepala MA Darussalam Subah A.Tohir memberikan arahan kepada segenap siswa-siswi agar dalam mengekspresikan kegembiraannya supaya menghindari kegiatan yang bersifat negatif seperti konvoi, corat-coret seragam , hura-hura yang bersifat hedonisme. Akan tetapi sebaiknya merayakan kelulusan dengan kegiatan yang bersifat positif yang bermanfaat untuk orang lain.

“ Untuk mengungkapkan rasa sukur atas kelulusan para siswa saya mengajurkan agar tidak mengekspresikan dengan kegiatan yang negative, akan tetapi rayakanlah dengan hal-hal yang positif seperti membagikan pakaian seragam sekolah yang masih layak pakai kepada adik kelasnya, berbagi takjil  berupa makanan dan minuman untuk berbuka puasa,” tegas A.Tohir

Dengan ahlak yang mulia didukung dengan kecerdasan dan prestasi mereka akan mampu menjadi sosok yang  tangguh dalam menjalani  kehidupan pada jamannya nanti.

 “Dengan Kegiatan ini menunjukkan bahwa belajar di Madrasah Aliyah Darussalam Subah, tidak hanya menguasai  ilmu pengetahuan saja, tapi yg tdk kalah penting adalah pendidikan karakter generasi muda yg kelak akan mewarnai di masyarakat .

Dia menambahkan bahwa dengan ahlak yang mulia didukung dengan kecerdasan dan prestasi para siswa akan mampu menjadi sosok yang  tangguh dalam menjalani  kehidupan pada jamannya nanti.

 ” Dengan Kegiatan ini menunjukkan bahwa belajar di Madrasah Aliyah Darussalam Subah, tidak hanya menguasai  ilmu pengetahuan saja, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan karakter generasi muda yg kelak akan mewarnai di masyarakat,” lanjutnya.

Waka Kesiswaan MA  Darussalam Subah Eka Sri Indrasasti dalam penjelannya mengukapkan bahwa pihaknya sangat mendukung  kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi dalam melakukan aksi kelulusan mereka, Akan tetapi dalam kegiatan tersebut saya batasi hanya 15 orang siswa yang ditujuk untuk mewakili.

“ Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan teladan  kepada yang lain, untuk merayakan kelulusannya dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat,” tegas Eka Sri Indrasasti

Dia menambahkan bahwa sebelum  pengumuman kelulusan, pengurus kelas bersama pengurus OSIS dan IPNU-IPPNU mengadakan koordinasi untuk kegiatan pasca pengumuman kelulusan hingga tersusun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk biaya kegiatan tersebut mereka menggalang donasi dari siswa dan guru.

“ Saya menerima laporan dari pengurus OSIS bahwa para siswa akan mengadakan pembagian takjil bila memang mereka diberi oleh Allah kelulusan, saya mengapresiasi dengan niat baik para siswa itu, namun karena situasi masih dalam pandemic covid, maka dibatasi siswa yang terlibat,” jelasnya.

Tahun ini MA Darussalam Subah meluluskan 102 siswa yang terdiri dari dua jurusan yaitu kelas IPA dan IPS.  MA Darussalam Subah adalah sekolah berbasis pesantren  yang mempunyai visi mewujudkan generasi yang berahlakul karimah, cerdas dan berprestasi.(A.Thohir/Zy)