Wujudkan Siswa Berkualitas, Seleksi Di MTsN 1 Surakarta Berbasis CBT

Surakarta – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Surakarta melaksanakan tes seleksi penerimaan siswa baru berbasis CBT program reguler tahun pelajaran 2017/2018, Senin, (19/6).

Menurut Kepala MTs N 1 Surakarta, Ahmadi, tahun ini seleksi tes masuk siswa baru khususnya kelas reguler sudah menggunakan CBT (Computer Based Test).

“Kita akan memanfaatkan sarana yang sudah miliki satu tahun yang lalu, disamping itu untuk memudahkan proses seleksi penerimaan murid baru yang meliputi  meliputi pengawasan, pemeriksaan dan input penilaian,” kata Ahmadi di sela-sela proses tes seleksi.

Dia berharap kegiatan PPDB program reguler ini harus sudah selesai sebelum libur hari Raya Idul Fitri, sehingga selama liburan ini  pikiran kita tidak disibukkan dengan kegiatan madrasah yang belum terselesaikan dengan baik, termasuk penerimaan siswa baru.

Menurut Pengelola CBT, Heri, kualitas tes diwujudkan dengan menggunakan CBT dalam hal seleksi penerimaan siswa. Hal ini dilakukan agar data calon siswa bisa disimpan dengan baik, sehingga panitia tidak akan kesulitan mencari data tersebut bila akan melakukan rekapitulasi nilai.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas calon siswa yang akan masuk dilakukan dengan cara memperketat proses seleksi tes, salah satunya jika calon siswa tidak dapat melewati seleksi tes penerimaan siswa dengan baik, maka siswa tidak dapat diterima di MTsN 1 Surakarta.

“Masalah  yang sering muncul adalah kebingungan siswa dalam mengoperasikan CBT, karena baru kali pertama mereka melaksanakan tes dengan CBT,” ungkap Heri.

“Bagi calon siswa yang belum terbiasa menggunakan komputer bisa berlatih  menggunakan CBT pada tanngal 13  –  14 Juni dengan didampingi Bapak/Ibu yang berpengalaman dibidang komputer,” paparnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Surakarta, Nanik Suryanti, berharap agar seleksi penerimaan peserta didik baru ini berlangsung dengan wajar sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga yang diterima di MTs Negeri Surakarta 1 ini betul–betul siswa yang berprestasi berkemampuan sesuai dengan batas nilai yang ditentukan.

“MTs N Surakarta 1 adalah salah satu madrasah yang banyak menelorkan prestasi baik tingkat provinsi  maupun nasional,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, PPDB program reguler MTs Negeri Surakarta 1 dimulai tanggal 12 – 15 Juni 2017, tes seleksi hari ini (Senin), 19 Juni, kemudian pengumuman  tanggal 20 Juni  dan dilanjutkan daftar ulang pada tanggal 21 – 22 Juni  2017. (mts1-rma/Wul)