1083 Jamaah Calon Haji Klaten Siap Berangkat ke Tanah Suci

Klaten – Sebanyak 1083 jamaah calon haji Kabupaten Klaten siap diberangkatkan ke Tanah Suci, yang akan terbagi dalam empat Kloter.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Masmin Afif, dalam acara Silaturrohim dan Pamitan Jamaah Calon Haji Kabupaten Klaten bersama Plt Bupati dan Muspida Kabupaten Klaten yang bertempat di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, (1/8).

Data dari kesehatan, jumlah calhaj yang berangkat tahun ini, sebagian besar masuk dalam kategori jamaah beresiko tinggi (Risti) sekitar 60%, lantaran berusia lanjut dan kondisi kesehatannya. Namun sebagian besar merupakan jamaah yang memasuki usia lanjut.

“Data dari Kantor Kemenag Klaten, total calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 1083 jamaah, jumlah tersebut terdiri dari 517 jamaah pria dan 566 jamaah perempuan, namun demikian semoga selalu diberi kesehatan dan bisa melaksanakan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan selamat,” harapnya.

Untuk pemberangkatan calhaj akan difokuskan di GOR Gelarsena yang terbagi dalam 4 Kloter, untuk Kloter 33 sebanyak 353 jamaah diberangkatkan tanggal 6 Agustus 2017, untuk Kloter 81 sebanyak 277 jamaah, Kloter 82 sebanyak 352 jamaah dan Kloter 83 sebanyak 101 jamaah diberangkatkan 21 Agustus 2017.

“Untuk kelancaran penyelenggaraaan ibadah haji maka jamaah calon haji didampingi petugas antara lain TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD. Untuk jamaah tertua Satiyem usia 86 tahun, alamat Srebegan Ceper Klaten dan termuda Kholida NurĀ  Izzah usia 23 tahun alamat Bareng Lor, Klaten Utara,” jelas Masmin.

Sementara itu, Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan, dengan ungkapan syukur teriring doa semoga Allah SAW memberikan kekuatan lahir dan batin kepada para jamaah calon haji Kab. Klaten bisa menjalankan seluruh rangkaian dan rukun haji, diberi keselamatan dan bimbingan dari Allah, untuk bisa menjaga niat hatinya senantiasa bersih hanya untuk menggapai haji yang Mabrur.

Untuk itu beliau mengharapkan kepada seluruh jamaah calon haji Kab. Klaten agar semakin rajin mendekat diri dengan Allah agar diberikan kesucian dan keikhlasan dalam menjalankan ibadah, kesucian ini merupakan kunci kemudahan, para jamaah Calon Haji harus percaya bahwa Allah tidak akan mempersulit tiap hambanya yang akan berbuat baik.

“Jangan mudah marah, jagalah lisan dan kesabaran, semoga amalan ibadah yang dilaksanakan diterima Allah. Jaga nama baik Kabupaten Klaten Khususnya dan Indonesia pada umumnya,” imbuh Sri Mulyani.(swd/aj)