39 Tahun Mengabdi, MAN Karanganyar Luluskan 10.061 Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Tahun 2017 genap 39 tahun MAN Karanganyar berkecimpung dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. MAN Karanganyar  berdiri sejak Tahun 1978 tepatnya pada tanggal 16 Maret 1978 sesuai  Surat Keputusan Menteri Agama RI tanggal 16 Maret 1978. MAN Karanganyar Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar pada awalnya merupakan lembaga Pendidikan Guru Agama (PGA) Muhammadiyah, kemudian berubah nama PGAP Muhammadiyah Karanganyar dan oleh Pemerintah dialih fungsikan menjadi PGAP 4 Tahun Negeri dan akhirnya menjadi PGAN 6 Tahun. Berikut sekilas proses penegerian PGA menjadi MAN Karanganyar :

  1. Pada bulan Agustus Tahun 1968 PGAP Muhammadiyah diubah menjadi PGAP Negeri 4 tahun dengan berdasar Surat Keputusan Menteri Agama RI tanggal 24 Pebruari 1968 Nomor 37 Tahun 1968.
  2. Dari PGAP Negeri 4 Tahun kemudian oleh Pemerintah ditingkatkan menjadi PGAN 6 Tahun Karanganyar. Perubahan PGAP menjadi PGAN 6 Tahun berdasar Keputusan Menteri Agama RI, dengan SK Menteri Agama tanggal 8 Oktober 1969 Nomor 128 Tahun 1969.
  3. Sesuai dengan perkembangan kebutuhan pemerintah, akhirnya pemerintah mengambil kebijakan yaitu dari beberapa PGAN 6 Tahun se Jawa Tengah tinggal 8 PGAN 6 Tahun yang masih, yang lainnya diubah menjadi MTsN dan MAN termasuk PGAN 6 Tahun Karanganyar,
  4. Dengan Keputusan Menteri Agama tanggal 16 Maret 1978 Nomor 17 Tahun 1978, PGAN 6 Tahun Karanganyar dialihfungsikan menjadi ; Kelas I, II dan III menjadi MTsN Karanganyar sedangkan Kelas IV, V menjadi kelas I dan II MAN Karanganyar sedangkan kelas VI dihabiskan sampai lulus PGAN 6 Tahun

Disampaikan oleh Humas MAN Karanganyar, Tri bahwa upacara HUT MAN tahun ini dilaksanakan pada 21 April 2017 berbarengan dengan Hari Kartini dikarenakan padatnya agenda Madrasah dan Kalender Pendidikan 2016/2017. Seperti diketahui pada bulan Maret 2017 dilaksanakan USBN, UAM dan UAMBN yang sangat menyita waktu dan bahkan tepat d hari jadi yakni 16 Maret masih dilaksanakan UAMBN.

Upacara HUT MAN Karanganyar dan hari Kartini yang semua petugasnya adalah perempuan ini, tampil sebagai Pembina Upacara Ibu Dra. Siti Rohimah Guru Bahasa Indonesia MAN Karanganyar. Dalam sambutanya beliau menyampaikan 39 tahun adalah usia dewasa, jika itu seorang manusia, biasanya sudah memiliki karir yang tinggi.

“Maka dengan usia ini semoga MAN Karanganyar semakin dipercaya masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mampu mendidik anak bangsa menjadi anak yang cerdas, faqih, ahli ibadah dan terampil”, kata Siti Rohimah.

Di usianya yang ke 39 tahun, MAN Karanganyar telah meluluskan kurang lebih 10.061 siswa. Dari lulusan tersebut banyak yang menjadi pengusaha, PNS, TNI, POLRI, Anggota Dewan Bahkan Bupati Karanganyar saat ini adalah alumni MAN Karanganyar tahun 1983. Pada Tahun 2016 yang lalu banyak lulusan yang diterima diberbagai PTN favorit, seperti UNS, UNDIP, UGM, POLTEKES dan perguruan tinggi Negeri dan swasta yang lain”, tambahnya.

Siti Rokhimah juga memberikan motivasi pada siswa, agar meneladani perjuangan RA Kartini, dengan belajar giat, menghormati orang tua menghargai gurunya saling mencintai sesama agar berguna bagi masyarakat.

MAN Karanganyar mendapatkan kado Indah di usianya yang ke-39 ini denga diraihnya berbagai piala kejuraan baik bidang akademik maupun non akademik, Juara 2 Ketoprak Humor Boden Powel, Jura 2 Scout Wdding Boden Powel, Juara III Puisi Arab Festival Seni Islam, Tergiat 2 Gladi Tegak, Jura III Kreasi Yel-yel, Jura 1 Poster tingkat Jateng di PMMI Surakarta. Dibidang Akedemik pada ajang KSM Kabupaten memperoleh Juara 1 dan Fisika,  Juara 1 Kimia, Juara 1 dan 2 Biologi Juara 1 dam 2 Geografi, Juara 1 Ekomoni.

Diakhir upacara dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bp Drs. H. Muhammad Zuhri, M.Pd. Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan bersama dengan para staf kesiswa dan pembina OSIS, kemua potongan tumpeng diserahkan kepada anggota Organisasi yang yakni OSIS, Pramuka, PMR dan KBIT diterima oleh Abiyun. Tumpeng ini lancip menjulang ke atas, melambangkan bahwa apapun yang kita lakukan yang kita usahakan yang kita kerjakan semua harus bermuara kepada Allah SWT. Setelah kita berusaha, semua hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. (tri-hd/Wul)