Peran BKM Menuju Kesejahteraan dan Kemakmuran Masjid

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar (Humas) – Rabu, 11 Oktober 2023, telah dilaksanakan Pengukuhan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Desa Periode 2023 -2027 Se-Kecamatan Colomadu  di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Colomadu Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

Pengukuhan dan pembinaan dilaksanakan oleh Bapak H. Fathul Amin, S.Ag. Kepala KUA Sekaligus juga Ketua BKM Kecamatan  Colomadu Peridoe 2023 -2027. Hadir pada kesempatan itu pengurus Majelis Pertimbangan BKM tingkat kecamatan dan ranting sejumlah 11 Desa serta  Tokoh Agama dilingkungan Kec. Colomadu.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini hasil  tindaklanjut pengukuhan dan  pembinaan oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Hanif Hanani.

“Beliau bapak Kepala Kemenag Karanganyar yang juga selaku Ketua BKM Daerah Kabupaten Karanganyar Bapak DR. Hanif Hanani, S.H., M.H. menginstruksikan untuk segera membentuk dan mengukuhkan pengurus BKM ranting Desa,” ungkap Amin.

“Selain itu kita juga ditekankan untuk  segera menata aset-aset  milik masjid. Menurut beliau  BKM adalah lembaga resmi Kementerian Agama  untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid,” lanjutnya.

Selanjutnya, tak kalah penting juga bagimana peran BKM menuju kesejahteraan dan kemakmuran masjid salah satunya Pendataan masjid dan musholla secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) pada laman simas.kemenag.go.id. Beberapa manfaat lain dengan mendaftarkan masjid atau musala dalam SIMAS. Di antaranya, memudahkan rekomendasi permohonan bantuan dan memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT) SIMAS untuk membuka Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama masjid/musholla.(Ida/Sua)