Kontingen KSM Kebumen Bawa Pulang Dua Medali

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 kembali digelar baru-baru ini di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang. Kali ini diikuti oleh 385 siswa madrasah dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dan merupakan delegasi dari 35 Kabupaten/Kota se – Jawa Tengah yang telah mengikuti seleksi di daerah masing-masing.

Rangkaian kegiatan KSM diawali dengan acara pembukaan pada Selasa malam (22/5) di gedung Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN 1 Magelang. Pembukaan KSM secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Farhani, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Menurut Farhani Kompetisi Sains

Madrasah (KSM) adalah ajang kompetisi olah pikir dan kreativitas siswa madrasah yang dapat mendorong siswa madrasah selalu meningkatkan kemampuan intelektual berdasarkan nilai-nilai agama.

Kontingen Kabupaten Kebumen berpose di halaman MAN 1 Magelang

Pelaksanaan hari ke dua KSM Rabu (23/5) diawali dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh peserta dan utusan dari 35 Kabupaten/Kota. Bertindak selaku pemimpin apel Nurkholis Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah.

Dalam amanatnya, Nurkholis menyampaikan bahwa KSM merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat madrasah, kabupaten/ kota, provinsi dan nasional. Menurutnya KSM 2017 ini adalah KSM ke enam kalinya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang nantinya para pemenang juara pertama akan dikirim untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah pada KSM Tingkat Nasional di Yogyakarta tanggal 7-12 Agustus mendatang. “Selanjutnya selamat berkompetisi, berlomba dengan sportif dan jujur, Insya Allah akan didapat hasil yang mabrur tidak sekedar dalam penilaian juri tetapi dalam penilaian Allah. Dengan KSM kita wujudkan siswa madrasah yang sehat, unggul dan berdaya saing global,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel pagi seluruh peserta KSM mengikuti tes tertulis, bidang studi yang dilombakan untuk tingkat SD/MI adalah Matematika dan IPA, untuk tingkat SMP/MTs : Matematika, Biologi dan Fisika dan tingkat SMA/MA : Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Selain itu untuk tiap bidang studi yang dilombakan tersebut ditambah dengan tes materi Agama Islam.

Dari sebelas peserta yang mengikuti KSM di Magelang, Kontingen Kabupaten Kebumen berhasil membawa pulang 2 medali perunggu (Juara 3) atas nama Esti Nugraheni dari  MTsN Kebumen 1  untuk bidang lomba Fisika dan PAI tingkat MTs serta Mukhamad Nur Hidayatulloh dari MAN 2 Kebumen untuk bidang lomba Biologi dan PAI tingkat MA.(jk/pt/af)