Peringati World Cleanup Day, MTs N 3 Kebumen Adakan Aksi Bersih

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen (Humas) – World Cleanup Day (WCD) merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak 2018 lalu. Sebagai Madrasah Adiwiyata, MTs Negeri 3 Kebumen turut peringati WCD tersebut dengan mengajak sekitar 1000-an warga madrasah untuk melakukan Aksi Bersih pada Jumat (22/9/2023).

Serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memperingati World Cleanup Day, diawali dengan mujahadah dan dilanjutkan senam bersama. Kedua kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan warga MTs Negeri 3 Kebumen sehat jasmani dan rohani. Selesai senam siswa kembali ke kelas untuk makan bersama dan dilanjutkan gosok gigi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menuju Madrasah Sehat baik sehat warganya maupun lingkungannya. Hal ini sebagaimana arahan yang disampaikan Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, Muhdir.

“Kegiatan ini untuk menyongsong Lomba Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Usahakan lingkungan kita sehat, jangan sampai membuang sampah sembarangan, lingkungan kita harus sehat, kelas harus bersih dan sehat, halaman juga harus bersih,” tutur Muhdir di sela-sela senam bersama.

Dalam Aksi Bersih, wali kelas mendampingi kelasnya masing-masing untuk melaksanakan kerja bakti. Siswa diwajibkan memilah sampah sesuai jenisnya. Sampah dimasukkan ke plastik yang sudah disiapkan oleh tim Kader Lingkungan (Kaling) sesuai dengan jenisnya yaitu sampah daun, kertas, dan plastik.

Tanpa menghiraukan panas dan cucuran keringat, siswa tetap semangat melaksanakan kegiatan tersebut. Terbukti bank sampah penuh dengan hasil pilahan dan setoran dari masing-masing kelas.

“Setelah sampah dipilah, perwakilan kelas harus menyetorkan sampah pilahan tersebut ke bank sampah madrasah,” ujar Salamun selaku Koordinator Kader Lingkungan (Kaling) MTs Negeri 3 Kebumen. (nh/fz/bel)