Kakankemenag Kebumen Hadiri Pembukaan Lomba MAPSI SMP Tingkat Kabupaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno didampingi Kasi Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Pendidikan Agama Islam menghadiri dan memimpin doa pembukaan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) SMP Tingkat Kabupaten Kebumen, Selasa (26/09/2023). Dilaksanakan di hotel Candisari Karanganyar, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kebumen.

Kakankemenag, Sukarno menghimbau agar partisipasi sekolah untuk mengirimkan siswanya mengikuti lomba MAPSI harus semakin meningkat, diimbangi persiapan matang sehingga Kabupaten Kebumen bisa mengirimkan putra terbaiknya mewakili di tingkat provinsi maupun nasional.

“Tugas kita bersama adalah melakukan pembinaan dengan serius agar para juara kabupaten dapat menjadi yang terbaik di tingkat selanjutnya di Kabupaten Jepara Oktober mendatang,” Ujar Sukarno.

Sementara Yanie Giat, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen dalam sambutannya berharap lomba MAPSI ini dapat dijadikan sebagai wadah/kegiatan pembagunan karakter peserta didik melalui pengembangan minat dan bakat di bidang Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami. Mampu mengembangkan talenta peserta didik agar memiliki karakter unggul berbudaya dan memiliki jiwa seni Islami.

“Talenta peserta didik harus bisa menginspirasi sekolah mencetak anak berprestasi,” pesannya.

Dengan prestasi peserta didiknya, maka secara otomatis sekolah akan memiliki identitas atau branding sebagai sekolah yang berprestasi. Karenanya ia berharap, sekolah bisa mengembangkan identitas kelembagaannya melalui kegiatan – kegiatan extra sebagai wadah talenta peserta didik.

“Selamat bekompetisi secara secara sportif dan semoga MAPSI ini bisa melahirkan generasi muda yang cerdas, berprestasi dan berkarakter akhlak yang mulia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, lomba MAPSI tingkat kabupaten Kebumen jenjang SMP tahun 2023 ini dikuti sebanyak 617 peserta dari seluruh SMP di Kabupaten Kebumen. Mereka akan bersaing menjadi yang terbaik  pada 12 cabang lomba MAPSI yaitu : cabang pidato putra dan putri, tilawah putra dan putri, tartil putra dan putri, tahfidz putra dan putri, kaligrafi putra dan putri serta lomba cerdas cermat Islami  dan rebana. (fz/Bel)