MIM Bulak Gondangrejo Ajarkan Siswa-siswinya Menanam Padi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Note :

Mas Ius, Maaf ya ini masuk web daerah saja nggih

 

Karanganyar – Momentum jeda Ujian Tengah Semester benar-benar dimanfaatkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulak, Kragan, Gondangrejo, Karanganyar untuk pembelajaran berbasis lingkungan pada anak didiknya. Melalui praktek langsung yang dilakukan di sawah, ratusan siswa-siswi MI Muhammadiyah Bulak dan TK Aisyiyah Bulak, Gondangrejo diajarkan tentang proses penanaman padi yang ada dilingkungannya.

Praktek penanaman padi yang diprakarsai oleh Kepala Sekolah MIM Bulak, Alfian Eko Rochmawan, M.Pd.I  tersebut dilakukan pada hari Rabu, (15/03). Dengan mengambil tema “Sehari Menjadi Petani dengan Menanam Padi”, Praktek menanam padi dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan. Disampaikan oleh Alfian bahwa bibit padi yang ditanam itu merupakan sumbangan dari wali murid yang memiliki sawah didaerah tersebut.

“Ada sekitar 105 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut”, ucap Alfian.

Lebih lanjut Kepala Madrasah muda itu berharap murid-muridnya dapat mengerti tentang cara bertanam padi yang meliputi pembersihan lahan sawah, penyemaian bibit padi, membajak sawah, pencabutan bibit padi (ndaut/jawa), penanaman bibit padi dan perawatan bibit padi yang sudah ditanam.

“Tentunya untuk kedepan harapan dari pendidik yakni agar seluruh murid mengerti bagaimana cara menanam padi dengan benar dan mengerti bagaimana rasanya menjadi petani”, tandasnya.

Terlihat dari suasana pelaksanaan Praktek penanaman padi di sawah, peserta baik dari MIM Bulak maupun TK Aisyiyah Bulak, Gondangrejo, juga pendidik maupun anak didiknya antusias mengikuti Kegiatan Tersebut. (alf/hd)