081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Bupati Karanganyar Targetkan ZIS Tahun 2018 Capai 15M Per Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengapresiasi perolehan Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar saat memberikan sambutan pada kegiatan Sarasehan Ulama dan Umaro Baznas di Pendopo Rumah Dinas, (30/12). Pada tahun 2017, Baznas berhasil mengumpulkan ZIS senilai 13,5 Miliar Rupiah.

“Alhamdulillah bersyukur dan saya bangga pada para UPZ yang telah bekerja keras dalam pengumpulan zakat infaq dan shodaqoh. Semoga tahun depan pengumpulan ZIS dapat mencapai Rp15 miliar,” katanya

Jumlah ini melebihi apa yang ditargetkan Bupati ketika mengukuhkan ratusan Juru Pungut Tingkat Desa beberapa waktu lalu, yaitu sebesar 1 Miliar perbulan atau 12 Miliar per tahun. Meski terkadang tidak mencapai 1 Miliar rupiah per bulan, namun secara akumulatif dapat selama satu tahun sudah melebihi dari yang ditargetkan.

Lebih lanjut Bupati juga berharap ke depan keberadaan BAZNAS Karanganyar dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karanganyar dengan berbagai terobosannya melalui pengumpulan sedekah dan penyaluran ZIS yang terkumpul.

“Tetap selalu berikan terbaik sehingga masyarakat terutama kurang mampu bisa merasakan manfaatnya. Karena pentasharufan atau penyaluran ZIS untuk kemashlahatan umat merupakan bentuk pertanggungjawaban atas dana yang terkumpul,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Karanganyar, Sugiyarso dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa banyaknya jumlah perolehan lembaga yang dikelolanya tidak terlepas dari kerjasama dengan Pemkab Karanganyar serta bantuan dari umat dan pihak donatur pihaknya dapat mengumpulkan dana ZIS dengan maksimal. Begitupun dengan pentasharufan atau penyalurannya untuk kesejahteraan umat telah dilaksanakan.

“Tahun ini terkumpul Rp13,5 miiar dan untuk pentasharufan atau penyaluran bantuan untuk kesejahteraan umat mencapai 14,8 milyar,”jelas Sugiyarso.

Ditambahkannya untuk bulan Desember ini penyaluran zis mencapai Rp3,6 miliar. Guna memaksimalkan pengumpulan dan penyaluran zakat pihaknya telah membentuk unit pengumpul zakat (UPZ) di Masjid-Masjid di Karanganyar.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan untuk program Karanganyar Sehat diantaranya bantuan jamban sehat, bantuan kursi roda dan bantuan kesehatan. (ida-hd)