081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MAN 1 Karanganyar Lepas 244 Siswa PKL Ke 70 Dunia Usaha/ Dunia Industri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Sebanyak 244 Siswa MAN 1 Karanganyar Program Keterampilan dilepas ke Dunia Industri/Dunia Usaha untuk mengikuti PKL (Praktek Kerja Lapangan). Mereka tersebar di 70 DU/DI wilayah Karanganyar, Sukoharjo, Sragen dan sekitarnya. PKL akan berlangsung selama 26 hari yakni mulai tanggal 18 Juni sampai dengan 14 Juli 2018.  Sebelum diberangkatkan mereka mendapatkan pembekalan dari guru pengampu yaitu pada Senin (4/6) dan  diberangkatkan Selasa (5/6).

Seperti diketahui bahwa sesuai SK Dirjen Pendis Nomor 4924 Tahun 2016, MAN 1 Karanganyar merupakan salah satu Madrasah Aliyah Penyelenggara Keterampilan. Jurusan yang dibuka antara lain jurusan Teknik Pengelasan, Teknk Perbaikan dan Perawatan Sepeda Motor (Otomotif), Teknik Desain dan Produk Furnitur, Teknik Multimedia, Teknik Pemesinan dan Teknik Tata Busana. Siswa yang mengikuti Program keterampilan, setiap akhir Tahun Pelajaran, wajib mengikuti PKL di Dunia Usaha/ Dunia Industri untuk mengimplementasikan teori yang telah didapat di madrasah.

Pelepasan siswa PKL secara resmi diadakan dengan upacara, yang dilaksanakan di halaman MAN 1 Karanganyar kampus 2, di Jalan Ngalian No. 28 Lalung Karanganyar. Dalam laporannya Ketua Panitia PKL Muhammad Purnawan Setiadi menyampaikan bahwa dari 244 siswa yang mengikuti PKL tersebut terdiri atas 78 jurusan Tata Busana, 18 siswa jurusan Teknik Pengelasan, 34 siswa jurusan Teknik Arsitektur, 28 siswa jurusan Teknik Pemesinan, 32 siswa jurusan Teknik Otomotif dan 29 siswa jurusan Teknik Multimedia.

“Mereka melaksanakan PKL di perusahaan sesuai dengan jurusan masing-masi

ng antara lain Butik, Konveksi, Taylor, LPK, PT, CV, Bengkel Las, PT Acidatama, Perusahaan mebel, Developer, Bengkel Bubut, Bengkel Motor, Delaer, Percetakan/offset, Desain Printing, Studio Radio dan lain.lain,” terang Ketua Panitia.

Sementara iitu dalam pengarahan Wakil Kepala Madrasah Humas yang diwakili oleh Staf Humas, Budi Widyo Kuncoro berpesan, PKL ini bukan sekedar mencari pengalaman Kerja, mempraktekkan teori yang dimilikinya di dunia Usaha, namun juga sebagai syiar dakwah bil hal.

 “Karena kalian adalah siswa madrasah tunjukkan jatidiri sebagai muslim sejati, bawa nama baik MAN 1 Karanganyar di masyarakat luas”, tandasnya.

Kepala MAN 1 Karanganyar, Sediyoko juga menandaskan agar anak-anak bisa menjaga nama baik madrasah, jangan mudah terpengaruh.

“Di tempat PKL, pakailah pakaian yang pantas sebagai muslim dan muslimah, jangan pernah tinggalkan ibadah” pesannya.

“Adanya pengalaman oknum siswa tahun lalu yang memakai pakaian tidak memenuhi syairat agar tidak ditiru. Tunjukkan kalian ini siswa berjiwa mulia  yang berakhlakul karimah, mandiri dan kreatif,” tambahnya.

Setelah upacara usai mereka kemudian berabat tangan dengan Bapak Kepala Madrasah, Guru pengampu serta para staff, untuk memohon doa restu demi suksesnya PKL tahun ini. (tri-hd/Wul)