Munajat : Toharoh dan Sholat Pencegah Corona

Kebumen – Mengawali tahun 2021, Majlis Taklim Husnul Khotimah melaksankan kegiatan pengajian di Balai Desa Ambalkumolo Kecamatan Buluspesantren Kebumen Jum’at (08/01). Kegiatan dilaksankan dengan protokol kesehatan ketat dan dhadiri 40an peserta yang kebanyakan ibu – ibu warga desa Ambalkumolo.

Kegiatan yang merupakan kerjasama KUA Kecamatan Buluspesantren dengan pemerintah desa Ambalkumolo dan kader PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) desa setempat diawali dengan pembacaan tahlil, senam jasmani, pemeriksaan kesehatan kemudian dilanjutkan dengan bimbingan penyuluhan oleh Penyuluh Agama Islam Kemenag Kebumen.

Munajat, S.H.I Penyuluh Agama Islam Kankemenag Kabupaten Kebumen yang juga narasumber kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan ini sebetulnya merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan setiap Jum’at pada minggu pertama.”Kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap bulan pada hari jum’at minggu pertama,” katanya.

“Materi yang biasanya kita sampaikan adalah seputar penguatan Aqidah dan peningkatan amaliyah harian seperti toharoh dan sholat,” jelas Najat panggilan akrabnya.

Solat lima waktu sebagai amaliyah utama umat Islam sangat penting dijaga, baik dari sisi displin waktu melaksanakan, pemenuhan syarat dan rukun juga tentang pentingnya menghadirkan ‘hati’ dalam bentuk menyembah kepada Allah SWT. Oleh karenanya sebelum kita menghadap Allah kita harus bersih dan mensucikan diri dengan cara mandi dan berwudhu yang benar.”Kalau kita bersih dan suci dari hadats InsyaAllah kita terhindar dari Corona,” jelas Munajat.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak utamanya Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Penyuluh Agamanya yang telah memberikan bimbingan spiritual kepada masyarakat kami, tentunya kegiatan ini perlu terus dilaksanaakan secara rutin agar tujuan- tujuan pembangunan bisa kita capai secara maksimal” ujar Budiyono Kepala Desa Ambalkumolo.

Hal senada juga disampaikan oleh kader PPKBD Desa Ambalkumolo Sri Khusnul Yuniati, “kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dirangkai dengan Majlis Taklim membuat animo masyarakat lebih tinggi, disamping kesehatan fisik terjaga, kesehatan spiritual juga terjaga,”katanya.(fz/pt/qq)