Panut : Perencanaan Yang Baik Adalah Kunci Keberhasilan

Kebumen – Bertempat di Meotel Kebumen Kamis, 14 Januari 2021 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menyelenggaran kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan hanya diikuti oleh 25 peserta yg merupakan pejabat dan pelaksana anggaran di lingkungan Kankemenag Kabupaten Kebumen. Rapat Koordinasi dipimpin oleh Kasubbag TU Suwaibatul Aslamiyah diawali dengan sambutan dan pembinaan oleh Kepala Kankemenag H. Panut.

Dalam sambutan dan pembinaannya Panut menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kinerja tim pengelola DIPA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen yang telah bekerja keras dalam melaksanakan program kegiatan pelaksanaan anggaran di tahun 2020. Walaupun belum bisa menjadi yang terbaik di tingkat kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah tapi di tengah pandemi seperti sekarang kita bisa memperoleh angka ketercapaian hingga (98,85%). Ini tidak mudah dan butuh kerja keras seluruh tim. ”Saya berterimakasih kepada seluruh tim atas kinerja dan kerjasamanya mengawal pelaksanaan anggaran di tahun 2020,” ucapnya.

Menurut Panut capaian pelaksanaan anggaran tebaik itu bukan hanya disebabkan karena capaiannya tertinggi, tetapi zero (nol) dari pagu minus juga termasuk bagian penilaian capaian kinerja kita. Maka perencanaan yang baik dan tepat menjadi kunci awal dari beberhasilan kinerja kita. Panut berharap di tahun 2021 ini perencanaan lebih baik, tim  lebih kompak dan solid.

Lebih lanjut dijelaskan, semakin banyak retur maka kinerja kita akan dinilai jelek.  Oleh karenanya kita harus betul – betul cermat dan teliti dalam mencermati DIPA. “Tolong dicermati akun – akunnya, besarannya, ketercukupannya, peruntukannya dan yang paling penting dibuatkan time schedulnya,” jelas Panut dengan gamblang.

Menyinggung pengadaan barang dan jasa yang bersifat kontraktual, Panut menghimbau agar segera dipersiapkan mulai sekarang, mulai dari pengumuman lelang, dokumen kontrak dan dokumen terkait lainnya.

Mengakhiri pengantarnya beliau mengingatkan kepada seluruh peserta pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.”Tetap semangat dan optimis menghadapi tahun 2021, mudah – mudahan kita diberikan kesehatan dan kekuatan untuk bisa terus bekerja dan memberikan yang terbaik kepada Kementerian Agama” tutup Panut mengakhiri,”(fz/qq).