Kompetensi Dan Kepribadian Yang Dimiliki Seorang Guru Sangat Berpengaruh Terhadap Pembentukan Karakter dan Kepribadian Peserta Didik

Kebumen – Kompetensi dan kepribadian yang dimiliki seorang guru  sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik. Hal itu disampaikan Khamdan Asfahaani saat memebrikan sambutan pada acara musyawarah dan reorganisasi pengurus PGRI Ranting MIN 4 Kebumen pada Kamis(11/02). Bertempat di aula setempat, acara dihadiri 60 dengan mengundang pengurus PGRI cabang khusus Kementerian Agama Kebumen Kusen, Acara musyawarah diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars PGRI.

Khamdan Asyfahaani selaku Pembina sekaligus Kepala MIN 4 Kebumen, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas selesainya tugas pengurus Ranting PGRI MIN 4 Kebumen periode 2015-2020. Dia berharap pengurus baru kedepan bisa lebih baik lagi.

PGRI sebagai sebuah organisasi profesi guru memiliki beberapa kewenangan diantaranya : 1. Menetapkan dan menegakkan kode etik guru 2. Memberikan bantuan hukum kepada guru 3. Memberikan perlindungan profesi guru 4. Melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru  5. Memajukan pendidikan nasional. Hal ini sebagaimana disebutkan  dalam Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen ( pasal 42),” ungkapnya.

Karenanya dia mendorong agar PGRI Ranting MIN 4 Kebumen dijadikan sebagai wadah para guru di sini untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya. “Harapannya bisa ikut bersama-sama membangun kualitas pendidikan di sini,” imbuhnya.

Menurut Khamdan, kompetensi dan kepribadian yang dimiliki seorang Guru  sangat berpengaruh sekali terhadap pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik. Adapun profesionalitasnya akan mempengaruhi ketuntasan peserta didik dalam belajar.

Sementara itu Ketua PGRI Ranting MIN 4 Kebumen periode 2015-2020, Moh. Syahrudin dalam sambutannya manyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama para anggota sehingga dia bisa menjalankankan tugasnya sampai selesai.
 

Selain itu dia juga menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangan dan kesalahan  selama manjalankan tugasnya. “Masih ada hal yang belum terselesaikan selama periode saya, diantaranya tentang kartu anggota untuk beberapa teman yang belum bisa terbit. Hal ini bisa menjadi bahan perhatian, khususnya bagi pengurus baru yang nanti akan dipilih.” ungkap Moh. Syahrudin

Adapun susunan pengurus PGRI Ranting MIN 4 Kebumen yang terbentuk untuk periode 2020-2025 adalah sebagai berikut :

Pembina                    : Khamdan Asyfahaani, M.Pd.I.

Ketua I                       : Ahmad Muhamim, S.Pd.I.

Ketua II                      : H. Imam Tobroni, S.Pd., M.Pd.I.

Sekretaris                  : Khasanati, S.Pd.

Bendahara                : L. Atun Maiqoh, S.Pd.I.

Acara dilanjutkan dengan serah terima dan pelantikan secara resmi oleh perwakilan PGRI Cabang Khusus Kementerian Agama Kebumen, Kusen (ahm/fz/qq)