Menteri Agama RI : Kepedulian Sosial Sudah Menjadi Karakter Seluruh Pengurus Dan Anggota Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama

Kebumen – Kepedulian sosial sudah menjadi karakter seluruh Pengurus dan Anggota Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama, hal itu disampaikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam pidatonya saat launcing virtual Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI  Peduli Bencana melalui Zoom Meeting. Kegiatan yang mengangkat tema “Bersinergi, Berbagi Rizqi, Mengembalikan Energi” diikuti secara daring melalui Zoom oleh jajaran pengurus DWP Kemenag Kabupaten Kebumen di ruang kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen Selasa (02/02). Tampak hadir mengikuti Zoom Hj. Khotimah Panut selaku ketua DWP Kemenag Kebumen, sekretaris, bendahara dan  beberapa pengurus harian lainnya.

Menurut Menteri Agama RI saat diputarkan pidatonya melalui Zoom, tema kegiatan ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi terkini yang sedang kita hadapi bersama “Bersinergi Berbagi Rizqi Mengembalikan Energi”. Menurutnya ibu pertiwi saat ini sedang berduka, belum lagi hilang bencana pandemik Covid 19, beruntun bencana alam menimpa beberapa daerah di tanah air kita yang tercinta, banjir bandang, tanah longsor, erupsi gunung Merapi, gempa bumi dan air pasang tidak sedikit telah menelan korban baik jiwa maupun harta benda.

“Semua itu sesungguhnya merupakan ujian Tuhan kepada kita, Tuhan  ingin menguji sejauh mana keimanan, kesabaran dan kepasrahan hambanya. Iman terhadap semua yang telah ditakdirkan oleh Tuhan, sabar menerima segala penderitaan dan pasrah terhadap semua kehendak Tuhan,” ujar Menteri Agama.

Lebih lanjut disampaikan Menteri Agama, salah satu pelajaran penting yang dapat kita petik dari adanya bencana adalah perlu tumbuhnnya kepedulian sosial kolektif umat beragama. Agama telah mengajarkan kepada kita untuk mencintai Saudara kita seperti kita mencintai diri sendiri.

Hari ini Saya melihat secercah cahaya kepedulian social muncul dari Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama dengan dilauncingnya Gerakan Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama Peduli Bencana, saya tahu betul bahwa hal semacam ini bukan pertama kali digagas. Karena sejatinya kepedulian sosial sudah menjadi karakter seluruh pengurus dan anggota Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama.

Untuk itu Saya ucapkan terimakasih atas segala upaya untuk tetap menjaga nilai – nilai luhur. Saya berharap garakan Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama Peduli Bencana akan menggugah banyak pihak untuk terbuka dan mau membantu sesamanya.

Sementara itu ditemui setelah kegiatan Zoom selesai, Hj. Khotimah Panut mengatakan bahwa sampaai saat ini donasi yang telah disumbangkan DWP Kemenag Kebumen untuk korban bencana melalui gerakan ini telah mencapai Rp. 6.100.000. “Ini baru launcing, mudah – mudahan akan terus bertambah,” ujar istri kepala Kankemenag Kab. Kebumen ini.

“Saya mengucapkan terimaksih kepada seluruh anggota dan pengurus DWP Kemenag Kebumen serta semua pihak atas donasi yang telah diberikan. Mudah – mudahan bermanfaat bagi saudara – saudara kita yang mengalami musibah dan menjadi amal sholih kita bersama,” pungkasnya.(fz/qq).