MTs.N 1 Kebumen Gelar Webinar Penggerak Madrash Riset

Kebumen – MTs Negeri 1 Kebumen menggelar webinar Peningkatan Kompetensi Guru Pembina KIR tingkat MTs se Kabupaten Kebumen pada Kamis (11/02). Kegiatan yang diprioritaskan bagi Pembina KIR MTs. Negeri dan swasta ini diikuti oleh 60 peserta melalui Zoom Meeting.

Dalam webinar, panitia mengundang peneliti dan Pembina karya ilmiah dari LIPI, Ali Yansah Abdurrahim dan Anggoro Tri Mursito, Ali Yansah Abdurrahim. membawakan materi tentang penelitian dalam bidang sosial dan humaniora. Sedangkan Anggoro Tri Mursito menyampaikan tentang penelitian bidang sains dan teknologi.

Saat membuka kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kebumen H. Panut menyampaikan harapannya agar madrasah mampu mengembangkan riset sebagai ciri khas keunggulan. “Pengembangan riset akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir peserta didik. Dengan riset peserta didik dilatih berpikir kritis dan bersikap jujur,” ungkapnya.

Harapan sama juga disampaikan Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Sugeng Warjoko, program madrasah riset menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik melalui proses penelitian yang benar. “Peserta didik bukan hanya berteori, tetapi praktik langsung meneliti, mulai dari membuat proposal, mengumpulkan dan mengolah data, hingga membuat laporan penelitian,” ujarnya.

Sugeng Warjoko menjelaskan bahwa awalnya kegiatan hanya khusus untuk Pembina KIR MTs Negeri 1 Kebumen. Namun beberapa kepala madrasah lain tampak antusias untuk berpartisipasi dalam webinar. Oleh karena itu, webinar diikuti oleh guru Pembina KIR MTs se-Kab. Kebumen.

“Kegiatan ini kami laksankan sebagai upaya menumbuhkan motivasi semangat madrasah di Kabupaten Kebumen untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang riset,” pungkasnya.(sy/fz/qq).