DWP Kemenag Belajar Membangun Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Via Zoom

Karanganyar – Bertempat di Ruang Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kabupaten Karanganyar mengikuti Webinar Nasional yang dilaksanakan oleh DWP Kemenag RI secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan webinar ini mengusung tema “Membangun Pola Komunikasi yang Efektif & Menyenangkan antara Orang Tua & Anak”. (3/3/21)

Webinar dibuka langsung oleh pembina DWP Kemenag RI, Hj. Eny Yaqut Cholil, serta dihadiri Ketua DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar Ali. Peserta webiner adalah seluru DWP Unsur Pelaksana, DWP PTKN, DWP Kanwil Kemenag Provinsi, DWP KanKemenag Kabupaten/Kota, DWP UPT Asrama Haji, serta DWP BDK dan Balai Litbang se-Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, DWP Kemenag RI menghadirkan Ibu Elly Risma, seorang psikolog yang fokus pada bidang parenting dan pendidikan anak sebagai pembicara. Dalam paparannya Elly menyampaikan bahwa orang tua harus membangun komunikasi yang efektif untuk menciptakan pengasuhan benar & baik terhadap anak.

Elly menambahkan pada era pandemi sangat penting bagi orang tua membangun komunikasi dengan anak, karena anak-anak banyak menggunakan gadget dalam kesehariannya. “Jadi orang tua harus melakukan pengawasan kepada anak ketika mereka menggunakan gadget,” ungkap Elly.

Ketua DWP Kemenag Kabupaten Karanganyar, Suyanti, bersama seluruh anggota mengikuti Webinar hingga ditutup pada pukul 11.30 WIB. Yanti berharap setelah mengikuti webinar ini seluruh anggota DWP Kemenag Karanganyar dapat mengambil manfaatnya agar mampu menjadi orang tua yang membangun komunikasi baik dengan anaknya.

“Dalam mendidik anak kita harus bahagia dulu. Ayah sangat berperan dalam mendidik anak, jangan hanya ibu yang berperan di rumah. Koreksi perasaan kita, perasaan pasangan dan perasaan anak. Jangan sampai kita seperti anak kecil yang merawat anak kecil. Belajar untuk memaafkan, belajar untuk cooling down/ menenangkan hati ketika ingin marah, dan yang paling penting batasi gadget untuk anak,” Suyanti.

Keberhasilan membangun keluarga dan mendidik anak adalah hubungan yang harmonis dari ayah dan ibunya, berusahalah untuk selalu membangun komunikasi yang baik terhadap pasangan dan anak anak.(Ida–bd/sua)