Kementerian Agama Merupakan Pencetus dan Motor Penggerak Program Moderasi Beragama

Karanganyar – Kakanwil Kementerian agama Prov, Jateng, Musta’in Ahmad bersama Kakankemenag Kab. Karanganyar, Wiharso memberikan pembinaan pada kegiatan Penguatan moderasi beragama bagi guru dan pegawai MAN 2 Karanganyar, pada Rabu, 17/3/2021 di MAN 2 Karanganyar. Kegiatan ini sangat penting, karena guru memiliki posisi yang strategis untuk melakukan sosialisasi pada siswa/i.

Menurut Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in, Moderasi Beragama dipandang sangat penting disosialisasikan, mengingat perkembangan teknologi yang sangat terbuka dan mampu memberi imbas posistif dan negatif pada pelajar kita.

“Kementerian Agama merupakan pencetus dan motor penggerak Progam Moderasi beragama, harus lebih intens dan solid untuk melakukan sosialisasi. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kerukunan umat beragama yang menjadi bagian penting keutuhan bangsa ini,” ucap Musta’in.

Musta’in juga mengatakan bahwa proses penguatan moderasi beragama sudah mulai dijalankan oleh Kemenag dalam satu tahun terakhir. Ke depan, program ini akan terus dilanjutkan, serta harus berbasis pada sinergi penelitian dan pelatihan.

“Saya mengajak seluruh madrasah untuk bersiap melanjutkan program moderasi beragama. Perlu ada kerjasama sinergi antara penelitian dengan pelatihan dalam menjalankan program ini,” tegas Musta’in.

Musta’n juga menggaris bawahi penyelenggaraan reformasi birokrasi. Menurutnya, reformasi birokrasi itu tentang kualitas ASN sebagai pelaku. “ASN sebagai sasaran pelatihan harus mendapat penguatan yang cukup dalam peningkatan kinerja dan mensukseskan reformasi birokrasi. Perlu mencari inspirasi-inspirasi untuk meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama,” ujarnya.

“Jadi membangun kedamaian, kerukunan, bukan sesuatu yang bisa dicapai dengan mudah, tetapi harus dilakukan dengan terus-menerus,” pungkas Musta’in.(ida-sua).