Komunikasi Pegang Peranan Penting pada Tumbuh Kembang Anak.

Kebumen – Komunikasi pegang peranan penting pada tumbuh kembang anak, demikian disampaikan penasihat DWP Kemenag RI pada seminar yang diikuti oleh Ketua dan Pengurus Darma Wanita Persatuan Kemenag Kabupaten Kebumen Rabu (03/03) di ruang  rapat lantai 2 Kemenag Kebumen. Diselenggarakan secara Nasional oleh DWP Kemenag pusat, kegiatan tersebut diikuti sekitar 610 peserta. Adapun tema yang diusung adalah Membangun Pola Komunikasi Yang Efektif dan Menyenangkan antara Anak dan Orang Tua.

Mengawali sambutan pada acara tersebut Ketua DWP Kemenag RI Ibu Halimah Zainut Tahid menyampaikan bahwa kegiatan kali ini adalah kelanjutan dari webinar sebelumnya (12/01) dengan judul Mengenali dan Mengatasi Adiksi Pornografi pada Anak dan Remaja.Hal ini menurtnya sangat penting untuk dilanjutkan, mengingat semua yang hadir dalam seminar ini adalah para orang tua, Ibu yang mengemban amanah untuk mendampingi dan mengarahkan putra purinya menuju generasi yang kuat bermartabat saleh dan salikhah.

“Maka dari itu untuk menyempurnakan pengetahuan keparentingan kita sebagai bentuk ikhtiar kita agar menjadi orang tua yang baik maka sangatlah tepat jika ini dilanjutkan dan mengundang semua pengurus DWP Kemenag. Harapannya semoga pengetahuan yang diperoleh dari seminar ini melalui Ibu Elly Risman nantinya dapat diaplikasikan dalam keluarga masing – masing anggota DWP Kemenag dan masyarakat pada umumnya,” ucap istri wamenag Zainut Taukhid.

“Pengambilan tema Membangun Pola Komunikasi Yang Efektif dan Menyenangkan antara Anak dan Orang Tua dilatarbelakangi beberapa pertimbangan antara lain : 1. Setelah kita mendapatkan ilmu bagaimana mengenali dan memahami anak, maka kita belajar bagaimana membangun pola komunikasi yang baik dengan anak 2. Komunikasi yang baik sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak baik fisik maupun mentalnya, 3. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak merupakan dasar kita dalam membangun kepercayaan diri anak, membangun konsep diri yang positif, dan membangun harga diri anak,” ungkapnya dengan gamblang.

Sementara itu Penasihat DWP Kemenag RI Eny Yaqut Cholil mengapresiasi atas inisiasi dari ketua DWP Kemenag RI beserta jajaran pengurusnya atas terselenggaranya seminar ini. “Saya mengapresiasi inisiatif dari ketua DWP Kemenag RI beserta jajarannya yang tidak pernah lelah menebarkan optimisme dan mengajak kita semua kepada kebaikan. Semoga dengan seminar ini DWP Kemanag semakin solid dan selalu eksis dalam menebarkan hal-hal yang positif,” ucapnya.

Menanggapi tema tema seminar sebagaimana yang disampaikan Ketua DWP tadi, Eny Yaqut menyampaikan bahwa pengambilan tema tersebut sangat tepat. Menurutnya komunikasi antara orang tua dan anak sangat penting, meski terkesan mudah dan sederhana, tetapi permasalahan komunikasi memiliki dampak yang besar serta memegang peranan penting pada tumbuh kembang anak.

Hal itu sejalan dengan apa yang sering kita temukan di kehidupan kita sehari – hari dimana ada banyak keluarga yang kesulitan menemukan ritme komunikasi yang sesuai dengan anak-anak. “Ketidakmampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan terbuka kepada satu sama lain dalam satu keluarga menjadi tantangan terbesar bagi orang tua untuk menikmati hal yang menyenangkan dan berkualitas bersama anak,” katanya

“Komunikasi dalam keluarga juga dapat diartikan sebagai kesiapan membicarakan dengan terbuka setiap hal dalam keluarga baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Siap menyelesaikan masalah – masalah dengan perbincangan yang dijalani dengan kesabaran, kejujuran serta keterbukaan,” tuturnya. (fz/qq).