MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kebumen Uji Coba AKM

Kebumen – Rabu (17/03) sebanyak 12 Guru MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kebumen, melaksanakan kegiatan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM berupa literasi membaca dan literasi matematika. Dari kedua komponen tersebut, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, bernalar menggunakan konsep, serta memilah mengolah informasi.

“Sebagai kesiapan kami dalam melaksanakan AKM Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan diadakan pada bulan Agustus mendatang, kami berencana membuat kegiatan simulasi AKM terlebih dahulu kepada guru-guru kami,” ujar Ibu Siti Ghonimah selaku Kepala Madrasah MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo.

Tindak lanjut rencana tersebut, beliau membentuk tim pelaksana AKM dan berkoordinasi bersama timnya dalam menyiapkan kebutuhan kegiatan simulasi AKM berupa tempat dan alat.

“Untuk menunjang kegiatan uji coba AKM siswa nantinya, maka guru-guru harus terlebih dahulu paham teknis pengerjaannya,” ujar Kepala Madrasah.

Kegiatan simulasi tersebut, bertujuan sebagai uji coba guru dalam menyambut dan mensukseskan AKM Tahun 2021. Selain itu sebagai modal atau latihan guru dalam membimbing bagaimana proses kegiatan AKM yang akan diberikan kepada siswa.

Adapun tindak lanjut kegiatan ini yaitu terselenggaranya kegiatan uji coba AKM pada siswa siswi kelas IV MI Plus Jaryul Ulum berjumlah 40 orang. Kegiatan uji coba pada siswa rencana akan diadakan pada akhir bulan Maret yang akan dibagi menjadi 3 sesi. “Mari kita sukseskan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, bersama kita wujudkan madrasah hebat bermartabat dan mendunia,” tutur Siti Ghonimah.(fz/qq).