MOC 2021, MTs N 1 Brebes Raih Medali Perunggu

Brebes – Dalam situasi pandemi saat ini, tidak menyurutkan semangat para siswa MTsN 1 Brebes untuk menorehkan prestasi di bidang akademik. Salah satu pelajar MTs Negeri 1 Kab Brebes kembali meraih medali perunggu dalam ajang Madrasah Olympiad Contest (MOC) 2021 yang digelar secara online pada tanggal 21 Februari 2021. Prestasi ini diraih oleh Muhammad Nauval Hasan, siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Brebes. Madrasah Olympiad Contest (MOC) 2021 Edisi 1 ini, digelar oleh Komunitas Educamp

Alasan utama diadakannya event Madrasah Olympiad Contest 2020 (MOC-20) ini, merupakan rujukan dari surat Kementrian Agama Republik Indonesia, yaitu pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Sehingga Event Madrash Olympiad Contest (MOC) 2021 merupakan wahana persiapan menghadapi kompetesi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 nanti.  Untuk kategori MTs dengan Bidang IPS terpadu, jumlah soal yang harus dijawab sebanyak 30 Pilihan Ganda dengan durasi 60 menit/1 jam.  Penilaian menggunakan system angka, dengan rincian jawaban benar akan mendapat nilai 4 (empat), salah akan dikurangin 1, sedangkan jawaban kosong tidak mendapatkan point. Sehingga apabila peserta tes menjawab semua soal dengan benar, maka nilai tertinggi 120.

Ujian dilaksanakan secara online pada 21 Februari 2021 dengan menggunaakan bilingual, yaitu Indonesia, Inggris, Arab. Sarana yang dapat dipergunakan untuk mengerjakan soal bisa menggunakan laptop, computer maupun smartphone. Pengumuman ujian MOC keluar pada tanggal 23 Februari 2021, dan dalam pengumuman dinyatakan bahwa Ananda Muhammad Nauval Hasan memperoleh medali perunggu dalam bidang ilmu IPS Terpadu.

Kepala MTs Negeri 1 Brebes, Maspau, menyatakan bahwa Ananda sungguh membanggakan orang tua, guru, dan membawa nama harus MTs Negeri 1 Brebes. Melalui merekalah bukti kemajuan sains madrasah dapat diwujudkan dan dapat menginspirasi peserta didik lainnya di bumi persada Indonesia tercinta.

“Ananda Muhammad beberapakali telah membawa nama harum sekolah ini (MTsN1 Brebes). Dan saat ini ananda pun menambah prestasi dengan memperoleh medali perunggu dalam Madrasah Olympiad Contest (MOC) 2021. Semoga ini menjadi motivasi dari peserta didik lain agar selalu berprestasi di bidng apapun,” jelas Maspau.(DA/Sua).