Peserta Didik MAN 1 Kebumen Raih Medali Emas pada Ajang MSC Nasional

Kebumen – Banyaknya kompetisi yang digelar secara online di masa pandemi Covid-19 menggugah minat peserta didik MAN 1 Kebumen untuk menguji kemampuan dan berprestasi. Salsanas Lingga Widiasasti peserta didik MAN 1 Kebumen menorehkan tinta emas catatan prestasi Tingkat Nasional pada ajang Madrasah Science Competition (MSC) se-Indonesia. Peserta didik yang biasa disapa Salsa oleh teman-temannya ini meraih Medali Emas Bidang Biologi Tingkat Nasional pada ajang tersebut.

Sebanyak 1658 peserta mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) pada (28/02) lalu. Madrasah Science Competition (MSC) merupakan sebuah kompetisi tingkat Nasional yang bertujuan memfasilitasi pelajar Indonesia untuk berprestasi dan memproyeksikannya pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bagi Salsa yang saat ini duduk di kelas XII MIA 1, prestasi ini merupakan perolehan medali emas yang kedua. Sebelumnya di ajang Pekan Kompetisi Pelajar Indonesia (PKPI) Tingkat Nasional tahun 2020, Salsa meraih penghargaan medali emas mata pelajaran Biologi.

Saat dikonfirmasi Salsa mengatakan, keikutsertaanya dalam kompetisi adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman. Kompetisi olimpiade yang diselenggarakan secara online di masa pandemi merupakan suatu peluang bagi pelajar yang bisa kita manfaatkan sebagai ajang berlatih dan berprestasi. “Alhamdulillah, semoga prestasi ini dapat membanggakan nama madrasah dan kedua orang tua saya,” ucapnya.

Menurut Salsa kunci sukses dalam mengikuti kompetisi adalah dengan memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal positif serta rajin belajar baik dari buku atau sumber informasi yang lainnya. “Percaya diri, disiplin, pantang menyerah dan selalu bersyukur adalah modal utama untuk meraih prestasi dalam berkompetisi,” ungkapnya

H. Sodikun selaku Kepala MAN 1 Kebumen menyampaikan rasa terima kasih atas torehan prestasi tersebut. “Syukur alhamdulillah ananda Salsa telah mengharumkan nama madrasah di tingkat nasional. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik yang lainnya untuk semangat berkompetisi dan terlibat aktif dalam lomba-lomba yang diadakan, baik online maupun offline,” ucapnya.(tt/fz/qq).