Polres Brebes Jadi Saksi Pemusnahan 8471 Blanko

Brebes – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes, Fajarin, didampingi Plt Kepala Subbag Tata Usaha, M. Sholeh, Kasi Bimas Islam, Nashohidin, serta perwakilan dari Polres Brebes, Iptu Puji Haryati, pada Hari Selasa, tanggal 9 Maret 2021. Melaksanakan pemusnahan buku nikah di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes.

Kemenag Kabupaten Brebes memusnahkan persediaan ratusan buku nikah berupa 8021 blanko akta nikah dan 450 blanko pemeriksaan nikah yang sudah tidak berlaku lagi di lingkungan kantor Kemenag Brebes. Pemusnahan buku nikah ini dilakukan dengan cara dibakar.

Menurut Nasokhidin, Kasi Bimas Islam, buku nikah yang dibakar dalam kondisi kadaluarsa. Pemusnahan buku nikah ini untuk menghindari penyalahgunaan.

Pemusnahan buku nikah itu merupakan tindaka lanjut dari Surat Persetujuan Penghapusan Barang MIlik Negara, selain Tanah, Bangunan, dan/atau kendaraan dengan tindak lanjut pemusanhan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor: 24.022/Kw.11.1/2/KS.01.6/02/2021, tanggal 24 februari 2021.

Akhir dari rangkaian acara ini adalah penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh Panitia Pelaksanaan Penghapusan Barang dengan cara Pemusnahan dan para saksi yang sebelumnya telah secara langsung menyaksikan proses pemusnahan. Dengan adanya pemusnahan ini akan mengurangi beban pencatatan dan penjagaan buku nikah sebagai Barang Milik Negara. Pemusnahan buku nikah yang sudah kadaluarsa bertujuan untuk menjaga tertib administrasi dalam pengelolaan Barang Milik Negara.

“Mari wujudkan 4T, tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum, tingkatkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dalam pengelolaan BMN. Pemusnahan blanko ini merupakan salah satu cara mewujudkan 3T. Ini untuk menghindari penyalahgunaan buku nikah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” ungkap Fajarin saat memulai pemusnahan blangko.(DA/Sua)