Bupati Kebumen Launching Program Buluspesantren Mengaji

Kebumen – Bertempat di aula Kecamatan Buluspesantren,  Senin (05/04) Bupati Kebumen secara resmi melaunching Program Buluspesantren Mengaji.

Saat memberikan sambutannya Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kemenag Kabupaten Kebumen atas dilaunchingnya program “Buluspesantren Mengaji”. Dihadapan Forkompimcam dan tokoh agama Kecamatan Buluspesantren Bupati menyampaikan bahwa program ini sangat bangus dan akan kami dtindaklanjuti menjadi Kebumen Mengaji, bukan hanya di Kecamatan Buluspesantren saja, Bupati berharap bisa dilaksankan di seluruh wilayah di Kebumen.

“Ini akan kami jadikan pilot projek untuk pelaksanaan Kebumen Mengaji nantinya,” tutur Arif Sugiyanto.

“Tujuannya adalah untuk mendekatkan masyarakat terhadap ajaran Tuhannya (Allah S.W.T), dengan harapan pelaksanaan program Kebumen Semarak  menuju Kebumen berakhlak bisa dilaksankan dengan baik,” imbuh Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan terimaksih kepada Kemenag Kabupaten Kebumen melalui penyuluh Agamanya yang telah berperan aktif dalam pembinaan akhlak dan berkehidupan yang baik terhadap masyarakat Kabupaten Kebumen, seperti pembinaan keluarga sakinah dan lain sebaginya.

Bupati berharap kedepan akan terjalin sinergi yang lebih baik lagi antara Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Kebumen, terutama dalam hal pembinaan akhlak.

“Menurut Saya yang perlu dikuatkan sekarang ini adalah pembentukan karakter yang baik dan peran serta orang tua melalui pendidikan di tingkat keluarga,” ungkapnya.

Berbicara kesalehan sosial, Bupati berharap kepada penyuluh – penyuluh agama Kemenag Kabupaten Kebumen agar lebih bersinergi lagi dan berperan aktif pada upaya pembinaan akhlak dalam rangka pembentukan kesalehan pribadi untuk kesalehan sosial menuju Kebumen Semarak.

Untuk diketahui, program Buluspesantren Mengaji adalah sebuah program yang digagas oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecampatan Buluspesantren bersama dengan KUA dan Kecamatan Buluspesantren. “Awalnya adalah sebuah program yang digagas penyuluh Agama Islam, namun  disambut sangat baik dan didukung sepenuhnya oleh Pak Camat dan jajarannya,” ungkap Munajat salah satu penggagas program tersebut.

Munajat melanjutkan, tujuan program ini adalah 1. Menjalin dan mempererat  silaturahim, memperkuat ukhuwah Islamiyah, Basyariyah dan Wathaniyah. 2. Membekali kemampuan dan ketrampilan generasi muda mengembangkan potensi diri melalui jiwa kewirausahaan yang berdasarkan pada nilai-nilai keislaman. 3. Terciptanya kesalehan pribadi dan terwujudnya kesalehan social dan 4. Terciptanya pemahaman syariat Islam yang ramah, mudah diterima dan dipahami serta mudah dilaksanakan, “ pungkasnya.(fz).