Kembali Berinovasi, Penyuluh Agama Islam Kemenag Kebumen Buka Kampung Ramadhan

Kebumen – Minggu (11/04), alunan shalawat mengalun merdu diiringi rebana memecah  kesunyian waktu subuh di desa Sokareni Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen menandai dibukanya kampung Ramadhan. Kampung ramadhan adalah sebuah program yang digagas oleh Penyuluh Kemenag Kebumen yang ditugaskan di Kecamatan Poncowarno Fahrudin.

Penyelenggaraan kampung Ramadhan di desa Sokareni Kecamatan Poncowarno Kebumen ini menjadi tahun pertama dibuka secara resmi. Melibatkan pemuda dan masyarakat sekitar rencananya kegiatan akan diisi dengan safari Jum’at, sholat tarawih, sholat Duha bersama, tadarus, kajian rutin di masjid Al – Ikhlas, bazar makan setiap sorenya, buka bersama, pengumpulan zakat serta Syawalan dan santunan.

Menurut Fahrudin, tujuan program ini yang pertama adalah untuk meningkatkan kecintaan umat dalam menyambut dan mengisi Romadon. Yang kedua yaitu untuk meningkatkan kepedulian umat terhadap sesama. Dan yang ketiga digagasnya kampung Ramadhan adalah dalam rangka menumbuhkan kreatifitas Remaja Masjid dalam bidang agama dan usaha.

Harapannya akan meningkatkan kualitas kesalehan warga kampung tersebut. “Mudah – mudahan dengan dibukanya kampung Ramadhan di sini akan meningkatkan kesalehan warganya baik secara peribadi maupun sosial,” ucap Fahrudin.

Pada acara pembukaan kampung Ramadhan tersebut, hadir dan membuka secara resmi mewakili Kepala Kankemenag Kasi Bimas Islam Salim Wazdy. Pada kehadirannya dia juga berkenan memberikan bantuan Al-Qur’an sebanyak 40 eksemplar.

Dalam sambutannya Salim Wazdy memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. “Saya akan selalu mendukung program – program yang baik dan sangat bermanfaat bagi kemaslahatan umat,” katanya.

Senada dengan Fahrudin, menurutnya secara teoritik masyarakat memang harus diajak bersama-sama untuk memperbanyak pengalaman keagamaan (religiuos experience), sehingga mampu meningkatkan penghayatan keagamaan (religiuos counsissnes) agar terbentuk karakter masyarakat religius. Karakter religius masyarakat diharapkan mampu membawa kepada kesalahan sosial masyarakat.

Sekedar informasi, beberapa saat yang lalu sudah dibuka Buluspesantren mengaji oleh penyuluh, hari ini dibuka kampung Ramadhan di Poncowarno juga oleh penyuluh. Saya berharap ini akan terus berlanjut dan menginspirasi penyuluh di kecamatan lainya sehingga terbentuk kesalehan pribadi – pribadi di Kebumen yang saleh. Tentunya dengan harapan akan terciptanya kesalehan sosial di masyarakat Kabupaten Kebumen.(fz/qq).