081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

33 Siswa dari MI, MTs dan MA Se-Kabupaten Brebes Siap Mewakili KSM 2021 Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 Brebes, Kompetisi Sains Madrasah 2021 (KSM) yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia telah dirilis, pengumuman daftar juara KSM 2021 tingkat kabupaten/kota pada Sabtu (28/8/2021). Para pemenang dapat di lihat langsung melalui laman resmi  https://ksm.kemenag go.id.

Di Kabupaten Brebes, terdapat sejumlah  peserta yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 sebanyak 33 siswa yang terdiri atas, MI sederajat sebanyak 6 siswa yang sebagai jurara 1, 2 dan 3 pada kompetisi Matematerikan Terintegrasi dan IPA Terintegrasi , MTs sederajat berjumlah 9 siswa sebagai juara 1,2 dan 3 pada kompetisi Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi  dan IPS  Terintegrasi.  MA sederajat berjumlah 18 siswa sebagai juara 1, 2 dan 3 pada kompetisi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi Terintegrasi.

H. Fajarin selaku Kepala Kantor Kemenag Brebes mengapresiasi para pemenang dalam kompetisi tahunan ini. “Juara 1, 2 dan 3 di tingkat kabupaten Brebes berhak mengikuti KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 18-20 September 2021, untuk itu kami ucapkan selamat kepada para juara dan persiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya di tingkat provinsi,” kata Fajarin.

Lanjut Fajarin mengungkapkan bahwa Kartu peserta dan petunjuk pelaksanaan KSM tingkat provinsi dapat diunduh pada tanggal 10 September 2021 kepada para guru dan pembimbing serta  pihak madrasah/sekolah dapat login menggunakan akun madrasah/sekolah untuk melihat rincian skor dan mengunduh sertifikat juara dan sertifikat peserta KSM tingkat kabupaten/kota. “Informasi lebih lanjut akan diumumkan melalui website KSM, jangan sampai ketinggalan informasi”. “ untuk madrasah/sekolah  juga mempersiapkan untuk di tingkat provinsi yang nantinya para juara di tingkat provinsi akan kembali berlomba di tingkat nasional,” imbuh Fajarin.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidkan Madrasah  Kementerian Agama Brebes, Imam Ghozali menjelaskan, KSM adalah kompetisi bergengsi yang diselenggerakan Kementerian Agama setiap tahunnya.  Ajang ini diikuti madrasah dan sekolah jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MAN/SMA.Untuk tingkat MI yang dilombakan meliputi bidang studi Matematika dan IPA. Kemudian, MTs sederajat meliputi bidang studi Matematika, IPA dan IPS. Jenjang MA sederajat meliputi bidang studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, dan Ekonomi

“Pada tahun ini jumlah peserta yang akan berlaga di KSM di Provinsi Jateng sebanyak 385 siswa  berbagai madrasah dan sekolah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah  dan kami berharap agar dari Brebes ada yang dapat menjadi juara 1 yang  mewakili Jawa Tengah dalam KSM Nasional, syukur-syukur di 3 jenjang pendidikan madrasah, insya Allah target ini bisa tercapai. Kita yakin  kemampuan peserta didik kita tidak kalah dengan daerah lainnya,” kata Imam Ghozali.(Hid/Sua)