Dukung Madrasah Adiwiyata, Pelaksanaan Pas Gasal MTSN 8 Kebumen Gunakan Paperless

Kebumen – Paperless office atau bisa juga dikenal dengan istilah paper-free office adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengelola administrasi dengan pengurangan atau peniadaan penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital. Saat  ini, dunia sedang menggelorakan upaya untuk mengurangi penggunaan kertas. Hal ini berhubungan dengan lingkungan hidup, karena untuk membuat selembar kertas, dibutuhkan beberapa pohon.  Untuk itu, agar udara di dunia ini selalu segar, maka penebangan pohon untuk mebuat kertas harus dibatasi.

“MTs Negeri 8 Kebumen sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama sedang   berusaha  ikut serta dalam melaksanakan program paperless. Sebagai madrasah yang sedang berusaha untuk menjadi Sekolah Adiwiyata, MTs Negeri 8 pada 2 tahun terakhir ini, melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir Tahun telah menggunakan sistem paperless.”, demikian sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Tim Adiwiyata MTsN 8 Kebumen Muyazidil Khoiridi sela-sela pelaksanaan PAS Gasal.

Terkait pelaksanaan PAS Gasal MTsN 8 Kebumen, Ketua Panitia PAS, Khudori menyampaikan bahwa PAS Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022  dimulai tanggal 29 November s.d. 11 Desember  2021, berbasis online.   

“Kegiatan PAS kali ini, menggunakan google formulir untuk seluruh mapel. Sehingga panitia tidak mencetak soal PAS, sebagai dukungan program paperless menuju madrasah adiwiyata 2021. Rangkaian kegiatan diawali dengan penyusunan  soal oleh setiap guru  di ruang Laboratorium Komputer MTsN 8 Kebumen seminggu sebelum pelaksanaan PAS. Sementara untuk peserta didik dalam mengerjakannya menggunakan gadget mereka. Mereka datang ke madrasah dan memasuki ruang penilaian sesuai dengan nomor ruang yang telah dibagikan oleh panitia PAS. Bagi siswa yang terkendala dengan gadget, disediakan 3 ruang Lab Komputer untuk mengerjakan soal – soal PAS. Semua bapak/ibu guru yang bukan panitia, dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai pengawas ruang.” Jelas Khudori penuh semangat.

Ditemui terpisah di ruang kerjanya,  Kepala Madrasah  Muhiban menyampaikan bahwa  Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Beliau juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua guru dan panitia atas terlaksananya PAS Gasal secara online.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kerja keras semua guru dan panitia PAS Gasal, Alhamdulillah Pelaksanaan PAS Gasal dapat dilaksanakan secara online. Ini merupakan bentuk kepatuhan MTs Negeri 8 Kebumen terhadap Edaran Dirjen Pendis terbaru tahun 2021 di mana penyelenggaraaan penilaian hasil belajar diutamakan berbasis komputer atau online. Selamat mengerjakan PAS Gasal Tahun Pelajaran  2021/2022 kepada peserta didik MTs Negeri 8 Kebumen. Selamat telah memasuki era baru dalam menuju madrasah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dengan melaksanakan PAS yang paperless. Tetap semangat dan selalu berusaha untuk yang terbaik dan jujur. Jaga kesehatan dan selalu patuhi protokol kesehatan.”, pesannya.

Ditanya soal hasil yang diharapkan  dari Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Muhiban menyampaikan harapannya agar setelah PAS Gasal: ada review pelaksanaan pembelajaran selama akhir semester gasal untuk perbaikan pembelajaran untuk periode selanjutnya; tersedianya  nilai kognitif (aspek pengetahuan), nilai psikomotor (aspek keterampilan) dan  nilai afektif (aspek sikap ) yang akurat pada akhir semester gasal yang akan dituangkan dalam buku rapor; meningkatnya kemampuan, minat, inovasi, dan kreativitas para guru dalam  mengelola pembelajaran setelah melakukan review dan perbaikan;  termotivasinya para guru dalam pelaksanakan pembelajaran secara bermakna untuk peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan siswa sesuai dengan yang diharapkan; dan meningkatnya kemampuan guru dalam pengelolaan nilai dan evaluasi pembelajaran.

Pada akhir pembicaraan beliau memohon dukungan dan doa restu pada semua pihak agar rintisan memuwujudkan Madrasah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dapat tercapai. Bersama semua komponen madrasah beliau berikhtiar agar MTsN 8 Kebumen menjadi madrasah yang konsisten peduli terhadap budaya lingkungan hidup, madrasah yang hijau dan  nyaman, madrasah yang mampu  mengelola sampah dengan benar, madrasah yang mampu melakukan konservasi air dan energi secara efisien  yakni  melalui program budaya lingkungan hidup di madrasah (PBLHM) di bawah bimbingan Dinas Perumahan dan Permukiman Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen.(fz).