RAP KPRI Tulus, H. Panut Dorong Tulus Mart Layani Belanja On Line

Kebumen – Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI Tulus Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengadakan Rapat Anggota Perencanaan RAP pada Selasa, (30/11). Dilaksanakan di aula setempat, RAP diikuti oleh 115 anggota mewakili unit – unit kerja dari total 420 anggota KPRI Tulus serta pengurus. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Kab. Kebumen H. Panut didampingi Ketua KPRI Tulus H. Burhan Ahmad, dan pejabat dari Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kebumen.

Menurut H. Burhan Ahmad, RAP ini merupakan kekuasaan tertingggi kedua setelah Rapat Anggota Tahunan (RAT) dalam organisasi KPRI Tulus. “RAP ini merupakan rapat anggota dengan pokok pembicaraan dan musyawarah  RAP dan program kerja tahun 2022,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag H. Panut dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Rancangan Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2022 dibuat sebaik mungkin agar berpengaruh untuk kesejahteraan anggotanya. “Saya minta koperasi harus bisa betul – betul memberikan kesejahteraan kepada anggotanya,” tegasnya.

Menyoroti menurunnya jumlah pinjaman anggota kepada KPRI Tulus yang semakin menurun, Kakankemenag berpendapat hal tersebut menunjukkan bahwa kesejahteraan anggotanya semakin meningkat sehingga mungkin tidak membutuhkan lagi pinjaman. Akan tetapi dia berharap seandainya anggota memerlukan bantuan pinjaman untuk tidak meminjamnya kepada lembaga lain, tapi pinjamlah di koperasi saja. Sebab menurutnya meminjam di koperasi memiliki banyak keuntungan yaitu : prosesnya cepat, persyaratannya mudah serta keuntungannya juga sebagian akan dikembalikan untuk kesejahteraan anggotanya.

Menyikapi kondisi pandemic dan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, Kakankemenag berharap agar salah satu unit usaha yang dimiliki KPRI Tulus yaitu Tulus Mart bisa berinovasi memberikan layanan penjualan secara on line kepada anggotanya. “Di tengah kecenderungan masyarakat yang sekarang ini lebih memilih belanja secara on line, maka seandainya Tulus Mart bisa mengikutinya, saya yakin hal ini akan memberikan nilai lebih dan akan berdampak positif untuk pengembangan Tulus Mart ke depan,” ujar Kakankemenag.

Sebagai informasi KPRI Tulus Kankemenag Kabupaten Kebumen memiliki beberapa unit usaha yaitu : Wisma Tulus, simpan pinjam, Tulus Mart dan sewa gedung pertemuan.(fz).