Studi Banding Ke SMA Trensains Tebuireng dan Ponpes Yahtadi Lumajang Demi Tingkatkan Kualitas Pondok Pesantren di Karanganyar

Karanganyar- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Drs. H. Wiharso, MM didampingi Kasi Bimas islam,  Drs. H. Museri, MM, dan  Kabag Kesra, Sunarno didampingi Puryanto dan Etik, serta sejumlah pimpinan Pondok Pesantren (Darul Arqom) Zaenal Arifin,  Darul Qur’an Colomadu (Adib) serta Penyuluh Agama Islam melaksanakan Kunjungan Silaturahim ke SMA Trensains Tebu Ireng Jombang Jawa Timur, Kamis, (09/12/2021)

Kedatangan disambut langsunng oleh Kepala Sekolah SMA Trensains Tebuireng Jombang Jawatimur. Adapun tujuan melaksanakan Studi Banding ke SMA Trensains Tebuireng Jombang dan Ponpes Yahtadi Lumajang untuk bahan perbandingan dan meningkatkan kualitas Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Karanganyar. SMA Trensains merupakan sekolah yang menghasilkan para ilmuwan bukan sebagai santri yang bekerja.

Selain kunjungan ke SMA Trensains Tebuireng Jombang juga silaturahmi ke Ponpes Yahtadi Lumajang  yang disambut baik oleh Syeh H. Muhammad Muslim selaku pimpinan ponpes Yahtadi Lumajang.

Muslim meyampaikan presentasi tentang kurikulum Pondok Pesantren selama setengah jam. “Kami siap membantu dan membimbing jikalau ada Pondok Pesantren di Kabupaten Karanganyar  yang ingin belajar dan ingin mengembangkan kurikulum yang ada di Pondok Pesantren Yahtadi Kabupaten Lumajang,” tegas Muslim.

Muslim juga menyampaikan beberapa hal mengenai tata cara transfer ilmu. “Pendidikan yang baik itu dimulai dari pembentukan akhlak terlebih dahulu karena ketika seseorang berakhlak karimah maka dengan mudah akan menerima ilmu yang diberikan. Selanjutnya beliau menyampaikan mengenai tiga komponen keberhasilan dalam sistem pembelajaran dan menuntut ilmu yaitu kiai/guru, murid, dan orang tua dimana ketiganya saling berhubungan dalam kesepakatan (kyai mengajar, murid menyerahkan diri lahir batin untuk belajar, orang tua mendukung sepenuhnya),” paparnya.

Sebagai penutup Muslim menyampaikan terimakasih dengan adanya studi banding ke Pondok Pesantren yahtadi Lumajng motivasi untuk dikembangkan pada Pondok Pesantren di Wilayah Kabupaten Karanganyar. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Cindera mata dari Pemda Kab. Karanganyar yang diserahkan oleh Kabag Kesra Kab. Karanganyar, Sunarno.(ida/sua)