Jajaran Pimpinan Kemenag Kebumen Ziarah Makam Tokoh Agama Dan Mantan Kakankemenag

Kebumen – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke 76 Kementerian Agama RI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kebumen, Rabu (05/01/22) jajaran pimpinan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen kembali mengadakan kegiatan ziarah kubur ke makam tokoh agama dan mantan Kepala Kankemenag Kab. Kebumen.

Ziarah kubur tersebut dibagi menjadi tiga rombongan kecil, untuk rombongan pertama dipimpin Kepala Kankemenag H. Panut diikuti Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Teguh Supriyantoro, Kasi Bimas Islam Salim Wazdi, Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah, Penyelenggara Syariah H. Najemul Huda dan Kasi Pendidikan Agama Islam H. Mulyono menuju makam K.H. Akhmad Nasoha di Wonoyoso Bumirejo Kebumen.

Mbah Nashoha, adalah sosok ‘ulama yang ikut terjun dalam perjuangan melawan penjajah dan berkontribusi dalam perkembangan Islam di Kebumen. Beliau merupakan orang yang pertama kali menjabat sebagai rais syuriah pertama PCNU Kebumen dan sangat berjasa pada awal berdirinya Kankemenag Kab. Kebumen.

Rombongan kedua dipimpin oleh Kasubbag TU H. Khamid diikuti Kepala MAN, Pengawas dan penyuluh dilingkungan Kankemenag Kab. Kebumen ziarah ke makam mantan Kakankemenag Kebumen K.H. Akhmad Mutawali di Kutosari Kebumen.

Sedangkan rombongan ketiga yang berziarah ke makam K.H. Masngudin yang juga mantan Kakankemenag Kebumen di desa Kawedusan Kebumen dipimpin oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Makruf Widodo diikuti oleh para Kepala MIN dan MTSN dilingkungan Kankemenag Kab. Kebumen.

Kegiatan ziarah kali ini adalah merupakan kelanjutan dari ziarah sebelumnya pada (30/12/21) ke makam salah satu pendiri Kementerian Agama RI K.H. Abu Dardiri di Banyumas.

Pada kegiatan ziarah kubur kali ini Kepala Kankemenag H. Panut berharap, selain memberikan doa dan penghargaan kepada para leluhur, hendaknya para pimpinan dan seluruh jajaran Kankemenag Kab. Kebumen dapat meneladani dan meneruskan perjuangan mereka para leluhur kita.(fz/bd).