Kepala MAN 4 Kebumen Motivasi Siswa Untuk Kuliah

ebumen – Pendidikan merupakan hal penting yang harus diperjuangkan dan dimiliki generasi muda saat ini. Apalagi di masa depan banyak tantangan dan peluang yang memerlukan kehadiran insan-insan terdidik, cakap, terampil sekaligus memiliki attitude yang baik. Itulah salah satu pesan Kepala MAN 4 Kebumen, H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I saat memberikan motivasi kepada siswa-siswi kelas XII pada Kamis, (27/01) di Mushola setempat sehabis jamaah Dhuhur.

Motivasi dan bimbingan yang disampaikan oleh Muhamad Siswanto tersebut merupakan salah satu program layanan MAN 4 Kebumen kepada siswa-siswi tingkat akhir. Program tersebut bertujuan antara lain untuk mendorong siswa-siswi MAN 4 Kebumen agar setelah lulus nanti dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang perguruan tinggi favorit yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Itulah alasannya kenapa di sekolah kita saat ini diadakan bimbingan toefl dan bimbingan-bimbingan akademik lainnya, khususnya untuk anak-anak kelas XII. Selain menyiapkan kalian agar bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi favorit, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri, hal itu juga untuk memperbaiki dan meningkatkan nilai great sekolah kita,” demikian kata Muhamad Siswanto.

Great sekolah itu diukur salah satunya dengan seberapa banyak lulusan sekolah tersebut yang mendaftar dan lolos dalam seleksi SNMPTN,” imbuh Siswanto.

Selain itu, Muhamad Siswanto juga menjelaskan, bagi siswa-siswi MAN 4 Kebumen yang memiliki keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya, pihaknya akan berusaha mencarikan peluang beasiswa untuk siswa-siswi tersebut.

Sementara bagi yang ingin mencari kerja, MAN 4 Kebumen akan membantu menyalurkan mereka. Apalagi, kata Muhamad Siswanto, ‘saat ini kita sudah memiliki izin untuk menyalurkan anak didik kita ke perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi mitra kerja MAN 4 Kebumen.’   

Di akhir acara, Siswanto mengingatkan agar siswa-siswi MAN 4 Kebumen selalu berusaha menjaga diri dari pergaulan-pergaulan yang tidak sehat, yang dapat merusak reputasi lembaga pendidikan dan nama baik keluarga mereka.

“Jauhi narkoba, bullying, danpergaulan bebas. Jangan rusak nama baik keluarga dan masa depan kalian dengan perbuatan-perbuatan kotor seperti itu.” Pesannya. (@PapiRose/fz/bd).