Pelatihan Origami dan Kirigami Bagi Guru RA, Ini Pesan Ibnu

Kebumen – Guru yang baik adalah yang banyak bicara, guru yang bagus yang banyak menerangkan,  guru yang hebat yang mendemonstrasikan, tetapi guru yang agung adalah yang mampu memberikan inspirasi.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin saat memberikan sambutan dan pembinaan pada kegiatan Pelatihan Seni Melipat Kertas (Origami) Dan Menggunting Kertas (Kirigami) bagi guru Raudhatul Athfal (RA) se Kabupaten Kebumen, Rabu (26/01) di Aula Kankemenag Kab. Kebumen.

Pada kesempatan tersebut Ibnu meminta kepada guru-guru RA dilingkungannya agar dapat mengemban amanah dan tanggung jawabnya dengan baik. Ibnu juga menegaskan, guru RA dan semua guru di bawah Kemenag, harus bisa menjadi panutan awal anak didik.

Untuk mewujudkannya, maka laksankan tugas ini dengan ikhlas, jangan mengharap balasan materi sebagaimana kebanyakan orang.Jika kita menjalankannya dengan ikhlas, Insya Allah kita akan melangkah dengan tenang, dan dengan hati yang ikhlas maka kita menjadi puas dan tidak terbebani.

“Hidup ini ini asyik, maka jalani pula dengan asyik, namun jangan berlebihan menikmati keasyikan yang akan menjadikan kita pasif,” ujar Ibnu.

Terkait kegiatan Pelatihan Seni Melipat Kertas (Origami) Dan Menggunting Kertas (Kirigami) ini, Kepala Kankemenag memberikan apresiasi dan dorongan semangat kepada guru – guru RA dilingkungannya untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Karena menurut Ibnu, kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kompetensi ataupen ketrampilan guru RA.

Selain itu lanjut Ibnu , bagi peserta didik nantinya juga akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas mereka. Kreatifitas merupakan aspek terpenting bagi setiap anak, tidak terkecuali bagi anak usia dini. Tinggi rendahnya kreativitas yang dimiliki anak baik di sekolah maupun di rumah akan dapat berpengaruh terhadap pretasi belajarnya.

Senada dengan Kepala Kantor, Ketua Ikatan Guru Raudlatul Athfal  PD IGRA Kabupaten Kebumen, Hj. Nafingatun menjelaskan, tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan guru RA DI Kabupaten Kebumen.

Hadir sebagai nasumber, kak Bayu dan Apri dari Tarto Stationary Bandung.(fz/bd).