Peringati Harlah Ke-44, MAN 1 Kebumen Gelar Mansa Bersholawat Bersama Habib Haedar Alwi Assegaf

Kebumen – Genap diusianya yang ke-44 MAN 1 Kebumen merayakan harlah dengan menggelar berbagai kegiatan yang ditujukan sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT. Sampai saat ini madrasah yang terletak di jalan cincin kota nomor 44 masih eksis dengan segudang prestasinya. Sebelumnya MAN 1 Kebumen merupakan Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri (SPIAIN) yang didirikan oleh tokoh-tokoh ulama karismatik di Kabupaten Kebumen. Sejak 1 Januari 1978 Nama SPIAIN berganti nama menjadi MAN Pengelolaan Pembinaanya yang semula Rektor IAIN, diserahkan Kepada Kanwil Departemen Agama Propinsi, berdasarkan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI No, D/ED/1978 tanggal 24 Mei 1978.

Kegiatan Harlah ke-44 MAN 1 Kebumen yang dilaksanakan sejak hari Rabu, 05 Januari s.d Sabtu, 08 Januari 2022, diperingati dengan berbagai kegiatan seperti Mansa Sprint Contest, Mujahadah, Motivasi, Ziarah pendiri MAN 1 Kebumen, Sema’an Al Qur’an dan Mansa Bersholawat. Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan standar protokol kesehatan tersebut, diikuti oleh segenap civitas akademika dengan rasa bahagia dan penuh rasa syukur. Turut hadir dalam acara tersebut H. Khamid selaku Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Para juara sprint contest tingkat MTs/SMP se-Kabupaten beserta pendamping saat itu juga hadir untuk menerima medali kejuaran dan mengikuti acara mansa bersholawat.

Puncak acara Harlah pada hari Sabtu, 08 Januari 2022 dipusatkan di GOR MAN 1 Kebumen dengan menggelar kegiatan Mansa bersholawat bersama Habib Haedar Alwi Assegaf dari Purwokerto, Habib Hasan Al Atas dan Habib Rizal Al Atas dari Majelis Sholawat Mahage Kebumen. Salah satu hal yang perlu diapresiasi jalannya prosesi sholawat tersebut diiringi oleh Hadroh Sifa’ul Qolbi MAN 1 Kebumen yang dibimbing oleh Hj. Siti Masruroh.

H. Sodikun selaku Kepala MAN 1 Kebumen dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Alhamdulillah diusianya yang ke-44 MAN 1 Kebumen tetap semangat berkiprah di dunia pendidikan dengan segenap prestasinya dan selalu mencetak kader-kader pemimpin yang berakhlakul karimah.

“Dengan spirit Optimis Wujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi, mari momentum harlah ini kita jadikan semangat baru untuk semakin berprestasi, saling bersinergi antara pengajar dan peserta didik dalam mewujudkan cita-cita madrasah mencetak generasi unggul berakhalakul karimah”, pungkasnya mengakhiri sambutan.

Sebagai realisasi wujud rasa syukur pada kesempatan tersebut, madrasah juga memberikan penghargaan  kepada 91 peserta didik MAN 1 Kebumen yang telah menorehkan 170 prestasi kejuaran baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Selain itu penghargaan  juga diberikan kepada 34 peserta didik yang berhasil meraih prestasi pararel dari 4 Program Peminatan di Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Alhamdulillah Wasyukurillah semoga dengan terlaksana Peringatan Harlah ke-44 MAN 1 Kebumen, segenap civitas akademika semakin mencintai almamaternya dan MAN 1 Kebumen semakin jaya.(fz/tt/bd).