Peserta Didik MTs Negeri 1 Kebumen Dilatih Jurnalistik

Kebumen – Terus berupaya membina dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berliterasi, khususnya tulis-menulis jurnalistik, Ektrakurikuler Jurnalistik Matansa mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap anggotanya.

Kegiatan dilakukan secara bertahap sejak bulan Januari 2022, sesuai jadwal ektrakurikuler. Hingga hari ini, Rabu (02/02) peserta pelatihan telah dibentuk dalam beberapa kelompok dan masing-masing bertugas praktik sebagai reporter dan fotografer. Mereka mewawancarai langsung beberapa narasumber yang ditentukan masing-masing kelompok.

Materi dan praktik kegiatan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan meliputi: Teori Dasar Jurnalistik, Teknik dan Etika Wawancara dan Peliputan BeritaKeredaksian dan Kaidah Kebahasaan, hingga Fotografi dan Tata Letak/Desain Jurnalistik. Sebagai narasumber pelatihan adalah para pembina ektra jurnalistik dibantu beberapa guru yang kompeten dalam bidangnya.

Kepala MTs Negeri 1 Kebumen, Sugeng Warjoko, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Menurutnya, era sekarang  dan ke depan  adalah era informasi sehingga kita harus aktif mencari, menguasai,  dan menyebarkan  informasi.

“Kalian sebagai generasi penerus cendekiawan muslim harus menjadi pemain utama sekaligus penguasa arus informasi yang baik dan bermanfaat bagi kemaslahatan seluruh umat. Untuk itu kebiasaan berliterasi harus dilatih dan  dibiasakan sejak muda,” demikian pesan Sugeng Warjoko ketika diwawancari para peserta pelatihan jurnalis, Jumat (28/01).

Sementara itu pembina Ektra Jurnalistik Matansa, Irham Basyir dan Korediati, menuturkan, kegiatan  pelatihan akan berlanjut hingga menghasilkan produk berupa majalah madrasah.  Sesuai dengan Program Kegiatan Bidang Literasi, majalah madrasah rencananya akan dicetak dan diterbitkan di tiap akhir semester. Harapannya, majalah madrasah bisa menjadi salah satu sarana informasi kegiatan dan perkembangan terkini di madrasah, serta menjadi wadah kreativitas bagi seluruh warga madrasah khususnya dalam bidang literasi.(mams/fz/bd).