Seksi PD Pontren Kemenag Kebumen Adakan Pembinaan Dan Pendampingan EMIS

Kebumen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) mengadakan kegiatan update data EMIS bagi Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pendidikan Al Quran (LPQ), Rabu (26/01/2022) di  Aula KUA Kec. Sruweng. Hadir pada kegiatan ini seluruh operator EMIS (Education Management Information System) se kecamatan Sruweng.

Makruf Widodo, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menjelaskan, EMIS (Education Management Information System) merupakan sistem manajemen data pendidikan Islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kementerian Agama. 

“Guna mendukung kebijakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dalam pengelolaan data pendidikan, maka sinkronisasi data EMIS ini menjadi sangat penting untuk kita laksanakan,” ujarnya.

Makruf tidak memungkiri bahwa data tentu bersifat dinamis, begitu juga dengan aplikasi EMIS yang terus mengalami perbaikan dari ke hari ke hari. Karenanya dia meminta kepada para operator dilingkungannya untuk selalu berkoordinasi dengan operator EMIS Kemenag Kabupaten Kebumen. Mengingat kedepan, menurutnya, segala jenis layanan/bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah akan menjadikan data EMIS sebagai acuannya.

“Untuk memudahkan menyelesaikan dan mempercepat proses sinkronisasi EMIS, kami berinisiatif jemput bola turun langsung ke lapangan dengan mengelompokkannya per kecamatan,” pungkasnya,

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh operator EMIS Kankemenag Kab. Kebumen Nur Wahib, Ia menjelaskan proses pengisian data EMIS perlu melengkapi data excel terlebih dahulu, sebelum data excel tersebut diunggah ke dalam aplikasi EMIS.(fz/bd).