SILANCIPVISMIS : Program Kolaborasi Kemenag dan Polres Kebumen.

Kebumen – Dalam rangka membangun sinergitas dengan berbagai instansi dan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Kebumen, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen yang baru, H. Ibnu Asaddudin terus berupaya membangun jaringan komunikasi dan konsolidasi dengan berbagai instansi terkait dan para tokoh di Kebumen.

Sebelumnya pada 21 – 22 Januari 2022 Ibnu Asaddudin audiensi ke Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto dan Silaturahim ke beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Kebumen. Beberapa tokoh yang telah ditemuinya diantaranya yaitu : K.HAfifudin Chanif Al-Hasani Rais Syuriah PCNU Kebumen, Ketua RMI Gus Fahrudin, dan Gus Nur Alif Pengasuh Pondok Pesantren Safinnatun Najah Ammanatul Hikmah di pesisir pantai Suwuk.

Melanjutkan konsolidasinya, Senin, (24/01) Kakankemenag Ibnu Asaddudin didampingi Kasubbag TU H. Khamid dan Humas Kemenag audiensi dengan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama di ruang kerjanya.“Tujuannya adalah sosialisasi dan mohon dukungan jajaran Polres Kebumen terkait program – program Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen,” ujar Ibnu Asaddudin.

Saat bertemu Kapolres, Ibnu menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinannya ia ingin membangun Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui tiga komitmen yang digagasnya yaitu : komitmen kebersamaan, komitmen prestasi dan komitmen menjadi yang terbaik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Ibnu, tidaklah mungkin Kankemenag Kebumen berjalan sendirian tanpa bantuan dari pihak lain. “Untuk mewujudkan prestasi dan keinginan menjadi yang terbaik,  kami sangat butuh kebersamaan / sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dengan jajaran Polres Kebumen,” ungkap Ibnu Kepada Kapolres Kebumen.

Berbicara misi untuk meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama dan memperkuat moderasi beragama serta kerukunan umat beragama di Kabupaten Kebumen, Kepada Kapolres Ibnu sangat berharap sekali sinergitas dan bantuan dari seluruh jajaran polres Kebumen. Bahkan kepada Kapolres Ibnu mengusulkan adanya sebuah system bersama terkait hal tersebut.

Sehingga pada pertemuan tersebut, baik Kapolres maupun Kakankemenag Kebumen menyepakati beberapa hal guna mencapai visi misi bersama : Yang pertama mereka menyepakati akan membuat sebuh program yang diberi nama SILANCIPVISMIS : Sistim Informasi Laporan Cipta Visi Misi.

Yang kedua, terkait angka kecelakaan yang terus meningkat di Kebuman, keduanya sepakat menjalin program penyuluhan bersama kepada masyarakat agar mematuhi tata tertib lalu lintas. “Tujuannya adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas dan terciptanya ketertiban dan keamanan di jalan raya,” ujar Ibnu.

Terkait hal ini, Kapolres berjanji akan memfasilitasi seluruh jajaran Kankemenag Kabupaten Kebumen untuk sosialisasi tata tertib berlalu lintas dan pembuatan SIM masal bagi Pelajar Madrasah. “Kami siap memfasilitasinya” ujar AKBP Piter Yanottama.

Deteksi dini wilayah rawan konflik social dan keagamaan juga tidak luput dari pembicaraan kedua pimpinan lembaga vertical yang ada di Kebumen. Terkait ini mereka akan lebih mengaktifkan lagi Pengawasan Aliran Keagamaan (PAKEM) yang ada di Kebumen.(fz/bd).