Study Tiru MAN 3 Bantul ke Man 1 Karanganyar

Karanganyar – Dalam rangka pengembangaan program kebahasaan  di madrasah, MAN 3 Bantul melaksanakan Studi Tiru ke MAN 1 Karanganyar, Sabtu (8/1/2022). Kehadiran Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd., Kepala Tata Usaha Bahar Rozak, S.H., Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana Agus Sulistyo, S.Pd, dan tiga belas Guru Rumpun Bahasa di MAN 1 Karanganyar disambut hangat oleh Kepala MAN 1 Karanganyar Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd. beserta jajaran wakil kepala madrasah, koordinator setiap rumpun jurusan, segenap guru dan tenaga kependidikan, serta siswa MAN 1 Karanganyar.

Kegiatan Studi Tiru dibuka pukul 13.00 WIB di Ruang Aula MAN 1 Karanganyar. Dalam kesempatan sambutan, Kepala MAN 1 Karanganyar Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd. sangat bahagia menyambut kehadiran MAN 3 Bantul.

“Alhamdullilah selamat datang Bapak Ibu. Keluarga dari MAN 3 Bantul dihadirkan di MAN 1 Karanganyar dalam rangka memajukan dan mencerdaskan anak bangsa. Pada kesempatan ini kita jalin silaturahmi kelembagaan, bermusyawarah, dan bersinergi. Semoga niat kita bersama ini bernilai ibadah bagi kita semuanya,” tutur Lanjar.

Lebih lanjut Lanjar memperkenalkan guru-guru MAN 1 Karanganyar yang turut hadir di ruangan itu dan menyampaikan perkembangan MAN 1 Karanganyar. Program-program ungulan MAN 1 Karanganyar, diantaranya Keterampilan, Riset, Robotik, Pertukaran Pelajar, serta menyampaikan prestasi-prestasi, dan sarana prasarana.

Lanjar mengungkapkan di antara berbagai keterampilan, yang menjadi maskot adalah Multimedia dengan TV Madrasah yang mulai di-launching tahun 2019. Program ini dapat menjawab tantangan pembelajaran selama daring.

Dalam bidang pengembangan bahasa di masa pandemi, MAN 1 Karanganyar menguatkan Gerakan Literasi dengan penyusunan buku siswa dan guru sebagaimana yang dilaksanakan pula di MAN 3 Bantul. Bahasa menjadi alat untuk pengembangan siswa sehingga dalam kesempatan Studi Tiru MAN 3 Bantul dan MAN 1 Karanganyar berdiskusi lebih lanjut bagaimana pengembangan kebahasaan di masing-masing madrasah.

Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. bersyukur dapat bersilaturahim di MAN 1 Karanganyar. “Alhamdullillah kami bahagia sekali dapat bersilaturahim di MAN 1 Karanganyar. Terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari MAN 1 Karanganyar. Dalam studi tiru ini, akan kami tiru kebaikan-kebaikan dari MAN 1 Karanganyar dalam pengembangan bahasa dan keunggulan-keunggulan MAN 1 Karanganyar di bidang-bidang yang lain pula, kita berdiskusi bersama tentang perkembangan madrasah. Semoga pertemuan pada hari ini menjadi kebersamaan, silaturahim dapat terus berlanjut, dan memberian manfaat di antara kita,” tutur Huda.

Usai sambutan dari masing-masing kepala madrasah, acara berlanjut pemaparan perkembangan masing-masing madrasah, penyampaian kenang-kenangan dari masing-masing madarsah, dilanjutkan dengan keliling ruangan dan gedung-gedung MAN 1 Karanganyar.

Kepala Laboratorium Bahasa Sumiyati, S.Pd., M.A. yang memotori kegiatan studi tiru ini mengungkapkan bahwa dalam bidang kebahaasaan yang menjadi fokus studi tiru  adalah digitalisasi madrasah melalui channel TV madrasah. Hal ini dapat mengembangkan potensi kebahasaan siswa. Kompetensi bahasa merupakan kompetensi yang perlu dikuatkan karena bahasa peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Alhamdulillah kegiatan studi tiru hari ini berjalan lancar. Kami telah berdiskusi perkembangan program-program penguatan kebahasaan, di antaranya penguatan literasi dan digitalisasi madrasah. MAN 1 Karanganyar dan MAN 3 Bantul memiliki keunggulan-keunggulan sehingga dalam kesempatan studi tiru ini kami dapat saling mengambil keunggulan-keunggulan tersebut untuk memajukan madrasah. Salah satu keunggulan dari MAN 1 Karanganyar yang menginspirasi kami, adanya TV Madrasah yang beberapa tahun telah dirintis MAN 1 Karanganyar. TV Madrasah ini dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi kebahasaan siswa. Kompetensi kebahasaan merupakan kompetensi yang perlu dikuatkan karena bahasa memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Rangkaian studi tiru ke MAN 1 Karanganyar berjalan lancar hingga penutupan. Penutupan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gedung Asrama MAN 1 Karanganyar.(ida/sua)