Aksi ‘BAPER’ Kader Lingkungan MTs Negeri 1 Kebumen 

Kebumen_ Perwakilan Siswa Kader Lingkungan MTs Negeri 1 Kebumen didampingi beberapa orang guru mengikuti peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022. Peringatan tingkat Kabupaten Kebumen yang dipusatkan di Pantai Sawangan, Surorejan, kecamatan Puring. dilaksanakan hari  Sabtu pagi (12/2). Kegiatan diawali dengan melakukan bersih pantai dan tanam pohon.

Peringatan HPSN yang sudah menjadi agenda rutin tahunan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat pandemi yang belum berakhir. Selain melibatkan karyawan Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup, kegiatan konservasi pantai ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Negeri (Unnes) Semarang yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kebumen (IMAKE) dengan tagline “BAPER” (Bangun Aksi Peduli Konservasi). Kegiatan juga diikuti  berbagai sekolah, termasuk dari MTs Negeri 1 Kebumen yang menyertakan 8 orang siswa sebagai Kader Lingkungan didampingi dua orang guru pendamping.

Mengambil tema “Buana Lestari, Dikara Negeri, Bersama Unnes Konservasi”, kegiatan bertujuan sebagai upaya konservasi dan mitigasi bencana dan perubahan iklim.

Kepala MTsN 1 Kebumen, Sugeng Warjoko,  menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan  yang sangat positif itu, di samping bermanfaat buat para peserta didik, juga merupakan wujud aplikasi dari teori yang sudah dipelajari di madrasah. Selanjutnya, kegiatan tersebut juga merupakan kontribusi yang bermanfaat untuk menjaga kelastarian alam semesta. Demikian pernyataan beliau sebelum perwakilan siswa Kader Lingkungan berangkat menuju lokasi.

Para peserta membersihkan pesisir pantai dari sampah yang ada, baik plastik dari limbah sampah, botol plastik pengunjung pantai maupun dahan dan ranting pepohonan. Selanjutnya sampah mereka pilah dan dikumpulkan dikirim dengan kendaraan yang telah disediakan ke tempat khusus untuk  selanjutnya diolah dan dimanfaatkan. Di samping itu, mereka juga menanam pepohonan untuk menghijaukan kawasan Pantai Sawangan dan untuk mengantisipasi abrasi saat terjadinya gelombang pasang.(is/fz/bd).